Bukan Joe Biden, Xi Jinping Malah Bertemu dengan Top Diplomat AS ini

Top Diplomat AS Henry Kissinger
Sumber :
  • AP Photo

Beijing – Presiden China, Xi Jinping bertemu dengan diplomat veteran Amerika Serikat (AS), Henry Kissinger di Beijing, pada Kamis, 20 Juli 2023. Kissinger bertemu dengan Xi di Diaoyutai State Guesthouse, tetapi tidak ada rincian lebih lanjut tentang pembicaraan keduanya. 

Marak WNI Jadi Korban Penipuan Pengantin Pesanan di China, KBRI Ungkap Modusnya

Kissinger, sebelumnya juga telah bertemu dengan diplomat top China, Wang Yi dan dengan Menteri Pertahanan China, Li Shangfu, dalam beberapa hari terakhir saat berada di Beijing. 

Saat bertemu, Wang Yi mengatakan kepada Henry Kissinger, pada Rabu, 19 Juli 2023 bahwa AS tidak mungkin untuk menahan atau mengepung China. Dia juga memuji peran mantan menteri luar negeri AS itu dalam membuka hubungan antara kedua negara. 

Keren, Batik Indonesia Paling Banyak Diekspor ke Amerika Serikat dan Jerman

Xi Jinping saat mengambil sumpah presiden

Photo :
  • The Guardian

"Pembangunan China memiliki momentum endogen yang kuat dan logika sejarah yang tak terhindarkan, dan tidak mungkin untuk mencoba mengubah China, dan bahkan lebih tidak mungkin untuk mengepung dan menahan China," kata Wang kepada Kissinger yang berusia 100 tahun dalam sebuah pertemuan di Beijing. 

Joe Biden Dikecam karena Diam Saat Israel Menghadapi Ancaman Surat Perintah Penangkapan

Sebagai informasi, Kissinger lahir di Jerman pada 27 Mei 1923, dia tetap dikenal karena peran kuncinya dalam kebijakan luar negeri Amerika tahun 1960-an dan 1970-an termasuk upaya untuk menarik AS keluar dari Vietnam. 

Dia juga pernah menjabat sebagai menteri luar negeri AS dan penasihat keamanan nasional dalam pemerintahan Presiden Richard Nixon dan Gerald Ford. 

Sejak meninggalkan jabatannya, peraih Hadiah Nobel Perdamaian, Kissinger telah menjabat sebagai penasehat bisnis di China dan telah memperingatkan agar kebijakan AS tidak berubah menjadi hawkish.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya