Spesies Ular Berbisa Baru Ditemukan di Australia

Ular berbisa baru yang ditemukan di Australia
Sumber :
  • New York Post

Australia – Jenis ular berbisa baru telah ditemukan di Australia.

Geger Penemuan Fosil Ular Lebihi Ukuran T-rex, Begini Bentuknya

Spesies ular berbisa baru itu telah ditemukan setelah disalahartikan sebagai spesies yang berbeda selama beberapa dekade, kata para peneliti yang menemukan.

Ular cambuk gurun, juga dikenal sebagai Demansia Cyanochasma, telah dibedakan dari spesies lain melalui penelitian genetika oleh ahli genetika University of Adelaide James Nankivell bersama peneliti Perth Brad Maryan dan Brian Bush.

Kalahkan 11 Negara, Siswa Indonesia Sabet Emas Kompetisi Matematika Internasional di Australia

Peneliti kehormatan Museum SA, Mark Hutchinson mengatakan ular ini sering disamakan dengan spesies lain karena ciri fisiknya yang mirip. "Ini benar-benar hewan yang “sukses” dan tersebar luas, hanya saja butuh waktu lama untuk mengetahui bahwa itu sebenarnya spesies yang berbeda dan bukan spesies yang sama seperti yang Anda lihat di pantai barat atau pantai timur," kata Dr Hutchinson, melansir New York Post.

Ular berbisa baru yang ditemukan di Australia

Photo :
  • New York Post
Turis Australia Ngeluh Terjangkit DBD di Bali, Menkes Bilang Harusnya Bersyukur

"Diperlukan penambahan profil genetik yang bisa dilakukan,” lanjutnya.

Dr Hutchinson mengatakan spesies ini "umum" dan ditemukan di daerah gurun Australia Tengah, bagian timur Wilayah Utara dan di seluruh Australia Barat. Namun dia mengatakan penemuan ini memakan waktu lama setelah banyak survei fauna mengumpulkan sampel yang dikirim ke museum. "Banyak penemuan terjadi di dalam dinding museum dengan menggunakan sampel genetik dan mencocokkannya dengan tubuh asal sampel genetik," kata Dr Hutchinson.

"Butuh beberapa saat untuk mengumpulkan sampel genetik yang kami butuhkan karena mereka sangat sering berada di tempat yang cukup terpencil."

Meski berbisa, Dr Hutchinson mengatakan ular cambuk gurun tidak dianggap berbahaya bagi manusia, tetapi gigitannya akan menyebabkan rasa sakit dan bengkak di kulit. "Mereka tumbuh dengan panjang sekitar 70 cm dan sangat ramping, itu artinya kepala mereka sangat kecil dan taring mereka sangat pendek untuk ukuran mereka," katanya.

"Mereka pasti akan menggigit jika Anda mencoba mengambil atau memegangnya, tetapi tidak ada catatan gigitan signifikan yang berasal dari ular ini."

Ular cambuk gurun telah disalahartikan sebagai spesies yang berbeda selama beberapa dekade karena karakteristik yang sama dengan ular cambuk berwajah kuning, dari Australia timur, dan ular cambuk reticulated, dari WA.

Ular cambuk gurun menghuni daerah gurun terpencil di Australia Tengah, bagian timur Teritorial Utara, dan melintasi Australia Barat. Tampak berwarna abu-abu kebiruan, nama resmi untuk ular cambuk gurun adalah Demansia Cyanochasma.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya