Siapa Sebenarnya Sosok Oppenheimer, Sang Bapak Bom Atom?

Bapak Bom Atom, J R Oppenheimer
Sumber :
  • Deadline

VIVA Dunia – Film blockbuster baru karya Christopher Nolan, Oppenheimer, telah tayang di bioskop minggu ini. 

Putri Marino Berani Mesra dengan Nicholas Saputra, Ini Reaksi Tak Terduga Chicco Jerikho!

Film yang dibintangi oleh aktor Irlandia Cillian Murphy dalam peran tituler menjanjikan kisah seorang ilmuwan Amerika J Robert Oppenheimer dan perannya dalam pembuatan bom atom

Film ini didasarkan pada biografi pemenang Hadiah Pulitzer 2005 American Prometheus: Kemenangan dan Tragedi J Robert Oppenheimer yang ditulis oleh Kai Bird dan Martin J Sherwin selama 25 tahun.

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

Cillian Murphy berperan sebagai Oppenheimer

Photo :
  • Deadline

"Dirayakan pada tahun 1945 sebagai ‘Bapak Bom Atom', sembilan tahun kemudian dia akan menjadi korban selebritas utama dari pusaran McCarthyite,” tulis Bird dikutip dari The New York Times, Jumat, 21 Juli 2023.

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

Oppenheimer adalah film pertama yang menangani ilmuwan dan warisannya dengan benar, yang dirusak oleh sidang tahun 1954 yang kontroversial yang mengakibatkan izin keamanannya dicabut.

Siapa sebenarnya sosok J Robert Oppenheimer?

Oppenheimer lahir dari keluarga kaya Jerman-Yahudi di New York City. Koleksi seni keluarganya termasuk karya asli Pablo Picasso dan Vincent van Gogh.

Pada usia dini kemampuan akademik Oppenheimer ternyta telah melampaui rekan-rekannya dan dia berhasil masuk Universitas Harvard pada usia 18 tahun di mana dia lulus hanya dalam tiga tahun summa cum laude (dengan pujian tertinggi). 

Bapak Bom Atom, J R Oppenheimer

Photo :
  • Deadline

Namun, meski pintar dalam akademik, dia berjuang dengan kesehatan mentalnya. Selama kuliah, dia mengungkapkan pikiran untuk bunuh diri dan, saat mengejar gelar sarjana di Universitas Cambridge, dengan sengaja meninggalkan sebuah apel, yang diracuni dengan bahan kimia laboratorium, di meja tutornya. 

Namun, dengan pecahnya Perang Dunia II, Oppenheimer mengubah dirinya menjadi seorang profesor yang disegani di University of California, Berkeley, dan telah memberikan banyak kontribusi yang signifikan bagi dunua sains.

Selama berada di Berkeley, dia jatuh cinta dengan Jean Tatlock (diperankan oleh Florence Pugh di Oppenheimer), putri seorang profesor sastra Berkeley dan seorang mahasiswa di Fakultas Kedokteran Universitas Stanford. Dia adalah anggota Partai Komunis, yang kemudian menjadi isu dalam sidang izin keamanannya.

Mereka putus pada tahun 1939 dan, setahun kemudian, dia menikah dengan Katherine ("Kitty") Puening dengan siapa dia memiliki dua anak. Selama pernikahan mereka, Oppenheimer menghidupkan kembali hubungannya dengan Tatlock dan keduanya berselingkuh.

Dia kemudian bunuh diri pada tahun 1944.

Film Oppenheimer

Photo :
  • Forte Indonesia

Pada tahun 1941, dua bulan sebelum Amerika Serikat memasuki Perang Dunia II, Presiden Franklin D Roosevelt menyetujui program untuk mengembangkan bom atom. Setahun kemudian, Oppenheimer direkrut oleh National Defense Research Committee untuk meneliti pembuatan bom atom. 

September di tahun itu, Jenderal Leslie Groves (diperankan oleh Matt Damon dalam film tersebut) mengambil alih sebagai kepala The Manhattan Project atau Proyek Manhattan (dinamai menurut kantor perdananya di Manhattan) dan memilih Oppenheimer untuk mengepalai laboratorium senjata rahasia proyek tersebut.

Selama tiga tahun, Oppenheimer dan tim ilmuwan besar bekerja untuk membuat bom atom dari laboratorium militer di Los Alamos, New Mexico. 

Pekerjaan mereka memuncak dalam ledakan nuklir pertama dalam sejarah, yang dikenal sebagai tes Trinity, pada 16 Juli 1945.

Dalam sebuah wawancara yang dilakukan bertahun-tahun kemudian, Oppenheimer mengklaim bahwa sebuah baris dari kitab suci Hindu, Bhagavad Gita, muncul di benaknya selama peledakan tersebut: “Sekarang saya menjadi Kematian, seorang penghancur dunia.” 

Sebulan kemudian dua bom yang dikembangkan oleh Proyek Manhattan dijatuhkan di Nagasaki dan Hiroshima, menewaskan sekitar 200.000 orang, yang sebagian besar adalah warga sipil.

Pada 15 Agustus, Kaisar Hirohito mengumumkan penyerahan Jepang.

Sidang keamanan 

Setelah proyek sukses, Oppenheimer terus bertindak sebagai konsultan senjata nuklir untuk pemerintah AS; namun, dia memperingatkan terhadap kemampuan bom atom yang sangat menghancurkan.

Dalam pidato tahun 1953, dia menyamakan kemampuan nuklir Amerika Serikat dan Uni Soviet dengan "dua kalajengking dalam satu botol, masing-masing mampu membunuh yang lain, tetapi hanya dengan mempertaruhkan nyawanya sendiri". 

Pada bulan Desember tahun itu, selama Ketakutan Merah Kedua di AS, Ketua Komisi Energi Atom (AEC) Lewis Strauss (diperankan oleh Robert Downey Jr dalam film Nolan) memberi tahu Oppenheimer bahwa izin keamanan rahasianya telah dicabut dan bersikeras pada miliknya. pengunduran diri.

Namun, ilmuwan tersebut menolak dan bersikeras untuk membela diri pada sidang keamanan yang dipublikasikan secara luas, yang hilang di tengah penghinaan publik. 

Banyak sumber menyatakan bahwa Oppenheimer tidak pernah pulih dari insiden tersebut. The New York Times menulis dalam obituarinya: "Pria yang sangat rumit ini tidak pernah sepenuhnya berhasil menghilangkan keraguan tentang tingkah lakunya." 

Upaya kemudian dilakukan untuk memperbaiki citra Oppenheimer, pada tahun 1963, Presiden Lyndon B Johnson memberi Oppenheimer Penghargaan Enrico Fermi, penghargaan tertinggi AEC.

Sebagai seorang perokok berat, Oppenheimer meninggal karena kanker tenggorokan di rumahnya di Princeton pada Februari 1967. 

Dalam karyanya untuk The NYT, Bird menulis: “Saya berharap film baru Christopher Nolan yang menakjubkan tentang warisan rumit Oppenheimer akan memulai percakapan nasional tidak hanya tentang hubungan eksistensial kita dengan senjata pemusnah massal, tetapi juga kebutuhan masyarakat kita akan senjata pemusnah massal. ilmuwan sebagai intelektual publik.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya