AS Catat Lebih dari 400 Penembakan Massal Sepanjang Tahun Ini

Ilustrasi penembakan.
Sumber :
  • ANTARA/Shutterstock.

Washington – Sembilan penembakan massal terjadi di seluruh Amerika Serikat (AS) pada akhir pekan lalu, menambah total kasus penembakan di negara tersebut menjadi lebih dari 400 sepanjang tahun ini, menurut situs web nasional yang melacak kematian dan cedera akibat senjata api.

Kematian Brigadir Ridhal Ali Janggal, Kapolda Sulut Terbangkan Tim Khusus ke Jakarta

Sembilan penembakan massal tersebut mengakibatkan sedikitnya empat kematian dan 35 orang terluka hingga Minggu 23 Juli 2023, menurut data terbaru dari Gun Violence Archive, yang mendefinisikan sebuah penembakan massal sebagai peristiwa dengan sedikitnya empat korban luka atau tewas, tidak termasuk pelaku penembakan.

Situs itu mencatat 404 penembakan massal selama periode awal 2023 hingga Minggu tersebut, yang menewaskan sedikitnya 453 orang, menurut data yang dikumpulkan atau divalidasi dari 7.500 sumber setiap hari. Dari total korban tewas, sekitar 161 di antaranya merupakan anak di bawah usia 12 tahun, dan hampir 400 anak lainnya terluka dalam penembakan massal sepanjang tahun ini, menurut kelompok antikekerasan senjata itu.

Longsor Horor Terjang Toraja Utara, 3 dari 9 Orang yang Tertimbun Tewas

Ilustrasi pistol.

Photo :
  • U-Report

Jumlah penembakan massal naik 9 persen dari tahun sebelumnya. Per 23 Juli 2022, terdapat 365 penembakan massal, dan tahun itu terjadi total 647 penembakan massal di seluruh negeri. Peningkatan itu menegaskan tren meningkatnya penembakan massal di AS.

Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

Pada 2016, AS melaporkan 383 kasus penembakan massal. Tiga tahun terakhir angkanya melampaui 600 setiap tahunnya, dengan 2021 menjadi yang tertinggi dengan 690 kasus penembakan massal, menurut Gun Violence Archive. (Ant/Antara)

Brigadir Ridhal Ali semasa bertugas di Satlantas Polresta Manado. (Foto: ISTIMEWA).

Istri Tak Percaya Brigadir Ridhal Ali Tewas Bunuh Diri: Janggal Sekali, Sangat Tidak Mungkin

Sang istri Brigadir Ridhal Ali, Osin curiga dengan kematian suami yang dikabarkan bunuh diri. Ia merasa kepolsian menyembunyikan sesuatu.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024