Xi Jinping Copot Menlu China Qin Gang

Menlu China, Qin Gang.
Sumber :
  • Antara FOTO.

Beijing – Menteri luar negeri China, Qin Gang dicopot dari jabatannya pada hari Selasa, 25 Juli 2023, setelah kehadirannya tidak pernah terlihat di depan publik. Hal tersebut disampaikan secara resmi oleh media pemerintah Beijing. 

BYD Minta Maaf Konsumen di Indonesia Belum Terima Unit, Ini Biang Keroknya

"Badan legislatif tinggi China memilih untuk menunjuk Wang Yi sebagai menteri luar negeri pada hari Selasa," kata outlet media pemerintah Xinhua, dikutip dari New Straits Times, Rabu, 26 Juli 2023. 

"Qin Gang dicopot dari jabatan menteri luar negeri." 

Mengecas Mobil Listrik Nantinya Cuma Butuh Waktu 10 Menit

Menlu China, Qin Gang.

Photo :
  • Xinhua/Liu Jie.

Laporan itu tidak memberikan alasan pemecatan Qin, tetapi Presiden Xi Jinping menandatangani keputusan itu. 

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Qin telah dipandang sebagai orang kepercayaan Xi dan banyak analis mengaitkan kenaikan pesatnya baru-baru ini melalui jajaran diplomatik dengan hubungan mereka. 

China tetap bungkam selama berminggu-minggu tentang nasib Qin, yang tidak pernah terlihat di depan umum, sejak 25 Juni 2023 lalu, ketika dia bertemu dengan wakil menteri luar negeri Rusia, Andrey Rudenko di Beijing. 

Ketidakhadirannya memicu badai spekulasi bahwa dia telah dicopot dari jabatannya atau sedang menjalani penyelidikan resmi. 

Tugas Qin akhir-akhir ini diambil alih oleh diplomat top China Wang Yi, yang memimpin kebijakan luar negeri Partai Komunis yang berkuasa dan mengungguli Qin dalam hierarki pemerintahan. 

Padahal, sebelumnya Qin menggantikan Wang sebagai menteri luar negeri pada Desember tahun lalu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya