Media China Soroti Kebijakan Bali Buat Satgas Baru untuk Berantas Turis Pembuat Onar

Turis asing di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali.
Sumber :
  • VIVA/Maha Liarosh (Bali)

Denpasar – Media China mempublikasikan berita soal Bali yang akan menerapkan kedisiplinan terhadap wisatawan yang kerap membuat onar, dengan meluncurkan satuan tugas baru. South China Morning Post melaporkan bahwa hal tersebut, bertujuan untuk melakukan 100 operasi penegakan hukum setiap bulan untuk menyingkirkan turis yang nakal. 

Gempa Bumi 4.8 Magnitudo Berpusat di Darat Guncang Gianyar Bali

“Salah satu pulau di Indonesia yang menarik lebih dari 2 juta pelancong tahun lalu, dalam beberapa bulan terakhir menghadapi hal-hal yang tidak terduga dari para turis asing,” demikian kutipan berita South China Morning Post, Rabu, 26 Juli 2023. 

Kepala Imigrasi Indonesia, Silmy Karim mengatakan, dia berharap Satuan Tugas Bali Becik multi-departemen akan sangat mengurangi pelanggaran oleh para turis. "Operasi kontrol akan dilaksanakan setiap bulan tanpa mengganggu kegiatan pariwisata," kata Silmy. 

Budidaya Salak di Bali dengan Sistem Agroforestri Masuk dalam Daftar Warisan Pertanian Dunia dari FAO

Turis memadati kawasan Pantai Canggu, Badung, Bali,. Warga dan wisatawan dari berbagai negara terpantau mengunjungi objek wisata yang sebenarnya masih ditutup dari kunjungan wisatawan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/

Silmy juga mengatakan gerakan anti-kejahatan akan berjalan hingga akhir tahun ini, dan dia yakin para pelancong beranggaran rendah cenderung melanggar undang-undang setempat. “Masalah utama orang asing di Bali adalah banyaknya turis asing dengan pengeluaran rendah yang sering membuat masalah. Karena Bali masuk kategori destinasi wisata murah, menarik wisatawan berkantong tipis,” ujarnya. 

Keren, 3 Band Taiwan Ini Akan Tampil di AXEAN Festival 2024 di Bali

Silmy mengimbau warga Bali untuk secara aktif mengawasi pengunjung, dan melaporkan mereka yang berperilaku buruk atau menyakiti sentimen agama ke nomor hotline yang baru diluncurkan. Menurut kantor imigrasi Bali, 163 orang asing dideportasi dari tempat wisata dalam enam bulan pertama tahun ini, karena berbagai pelanggaran, termasuk tindakan tidak menghormati budaya pulau Hindu. 

Pada bulan Juni, seorang wanita Denmark juga dideportasi karena berpenampilan bugil di depan umum saat mengendarai sepeda motor. Seorang turis Rusia juga dikeluarkan dari Bali pada bulan April karena memposting foto telanjang dirinya di depan pohon keramat. 

Sebulan kemudian, seorang pengunjung Jerman ditangkap setelah dia menghentikan pertunjukan tari di sebuah kuil Hindu dengan berjalan telanjang di atas panggung. 

Gubernur Bali I Wayan Koster, yang baru-baru ini mengeluarkan seperangkat aturan baru untuk turis asing, mengumumkan awal bulan ini bahwa dia akan mengeluarkan tarif Rp150 ribu pada pelancong yang memasuki pulau itu mulai tahun depan untuk mempromosikan pariwisata berkelanjutan dan menopang ekonomi lokal. 

Dia juga telah meminta Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk memperketat persyaratan visa dengan membatalkan fasilitas visa on arrival khusus untuk warga negara Rusia dan Ukraina karena serangkaian pelanggaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya