Junta Myanmar Ampuni 5 Kesalahan Aung San Suu Kyi

Aung San Suu Kyi.
Sumber :
  • Istimewa

Naypyitaw – Mantan pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi akan diberi ampunan atas lima dari berbagai kesalahan yang membuatnya dipenjara selama total 33 tahun, menurut media pemerintah pada Selasa 1 Agustus 2023.

Peraih hadiah Nobel itu, yang minggu lalu dipindahkan dari penjara ke tahanan rumah di Ibu Kota Naypyitaw, berada dalam tahanan sejak kudeta militer terjadi pada awal 2021.

Suu Kyi melakukan banding atas berbagai pelanggaran, mulai dari penghasutan hingga kecurangan pemilu dan korupsi. Dia menyangkal seluruh tuduhan tersebut.

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Aung San Suu Kyi salam tiga jari bentuk protes pada kudeta militer.

Photo :
  • Istimewa


Radio dan televisi Myanmar melaporkan ampunan itu pada Selasa, namun sumber yang mengetahui perkembangan tersebut mengatakan bahwa Suu Kyi akan tetap berada dalam penahanan.

"Dia tidak akan dibebaskan dari tahanan rumah," kata sumber itu, yang tidak ingin disebutkan jati dirinya karena isu itu terlalu sensitif.

Suu Kyi (78 tahun), yang merupakan anak pejuang kemerdekaan Myanmar, pertama kali jadi tahanan rumah pada 1989 setelah melakukan protes besar atas kepemimpinan militer selama berpuluh-puluh tahun. Pada 1991, Suu Kyi memenangkan penghargaan Nobel Perdamaian atas kiprahnya memperjuangkan demokrasi.

Namun, ia namun baru dibebaskan secara penuh dari tahanan rumah pada 2010. Suu Kyi memenangkan pemilu 2015, yang dilaksanakan sebagai bagian percobaan dari reformasi militer namun reformasi tersebut kembali gagal setelah adanya kudeta pada 2021. (Ant/Antara)

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat
Ketua MPR Bambang Soesatyo

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Bamsoet menilai penyempurnaan UU Pemilu perlu dilakukan di awal pemerintahan Prabowo Subianto periode 2024-2029.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024