Gelombang Panas Ekstrem, Iran Umumkan Libur Nasional 2 Hari

Gelombang panas.
Sumber :
  • AP (AP Photo/Michel Spingler)

Iran – Pemerintah Iran pada hari Selasa waktu setempat, mengumumkan hari libur nasional “dadakan” selama dua hari, yaitu Rabu dan Kamis sebagai tanggapan atas apa yang disebutnya sebagai "gelombang panas yang belum pernah terjadi sebelumnya". 

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Kabinet mengumumkan keputusan itu dibuat untuk melindungi kesehatan masyarakat. Bank, kantor kehakiman, dan sekolah akan ditutup selama waktu tersebut, dan acara olahraga seperti pertandingan sepak bola telah dibatalkan, melansir DW.

Suasana panas di Mekkah

Photo :
  • MCH 2023
Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Rumah sakit telah disiagakan tinggi, dengan juru bicara Kementerian Kesehatan Pedram Pakain menyebut jumlah rawat inap terkait panas selama beberapa hari terakhir "mengkhawatirkan." 

Kementerian juga menyarankan warga untuk tetap berada di dalam rumah antara pukul 10:00 dan 16:00. untuk menghindari ancaman sengatan panas. 

5 Fakta Tersembunyi Hubungan Iran dan Israel, Pernah Seharmonis Ini

Suhu di seluruh negeri telah naik jauh di atas 40 derajat Celcius (104 derajat Fahrenheit) dan diperkirakan akan naik di atas 50 derajat di selatan selama beberapa hari ke depan. 

Lebih buruk lagi, ahli meteorologi telah memperingatkan risiko yang ditimbulkan oleh polusi udara dan potensi badai pasir di selatan. Sebagian besar wilayah Iran ditutupi oleh gurun, dan para ilmuwan telah lama memperingatkan bahwa krisis iklim, khususnya kekeringan, dapat sangat melanda negara tersebut. 

Pada hari Senin, penduduk di pusat kota Kurdi Divandarreh memprotes pemotongan air yang sering membuat mereka tidak memiliki akses ke air minum selama beberapa minggu terakhir, menyoroti masalah yang lebih besar dari kelangkaan air yang memburuk di Republik Islam tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya