Kasus COVID-19 Melonjak 55 Persen di New York

Suasana Kota New York di tengah pandemi virus corona
Sumber :
  • tvOne / Yanri Subekti

VIVA Dunia – Pada bulan Mei, keadaan darurat Covid-19 secara resmi dinyatakan berakhir, tetapi virus corona masih menjadi perhatian yang signifikan, menurut beberapa komunitas medis. 

Waspada! DBD di Indonesia Melonjak Hampir 3 Kali Lipat pada Kuartal I 2024

Data terbaru dari Departemen Kesehatan negara bagian New York, yang baru dirilis 2 Agustus, menunjukkan bahwa kasus Covid melonjak 55% sejak minggu sebelumnya, dengan rata-rata 824 kasus yang dilaporkan per hari di seluruh negara bagian, melansir New York Post.

Vaksin Covid-19 nasal atau hidung.

Photo :
  • New York Post
Selain Luncurkan Single Baru, Penyanyi Cilik Evolette Alexandra Bakal Tampil di New York

Bahkan rawat inap untuk Covid-19 meningkat 22% dibandingkan minggu sebelumnya, yang berarti lebih dari 100 rawat inap sehari. Sementara itu, varian baru, dijuluki EG.5, atau eris, telah muncul sebagai jenis yang dominan, menyebabkan sekitar 17% kasus COVID secara nasional, menurut peringatan baru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. 

Namun, Dr. Ashwin Vasan, komisaris kesehatan NYC, mengatakan “kabar baiknya adalah kita tidak melihat apa pun pada virus yang menunjukkan bahwa virus itu semakin menular atau lebih mematikan. Apa ini sebenarnya, hanyalah kekebalan yang memudar atau ini adalah bagian dari hidup berdampingan dengan Covid dan fluktuasi ini sudah bisa diduga.”

Mahasiswa Yahudi Ketakutan usai Demo Anti-Israel Merebak di Kampus-kampus New York

Peningkatan kasus COVID-19 tidak terbatas di New York: CDC mencatat 8.000 rawat inap rumah sakit AS untuk COVID-19 dalam pekan yang berakhir 22 Juli meningkat 12% dari minggu sebelumnya. 

Data CDC juga menunjukkan bahwa setiap tahun sejak pandemi dimulai pada tahun 2020, lonjakan kasus musim dingin tahunan, seperti ketika varian omicron, menyebabkan lompatan infeksi pada musim dingin tahun 2021-2022. Diikuti oleh peningkatan yang lebih kecil di pertengahan tahun 2020 musim panas.

"Hal yang paling menakutkan bagi saya adalah, kita tidak tahu dari mana asal varian itu. Peristiwa itu bisa terjadi kapan saja,” kata Bershteyn, menambahkan bahwa varian yang lebih mematikan dapat muncul tanpa peringatan.

“Pikiran itu membuatku merinding.” 

Saat varian baru terus bermunculan, pakar kesehatan khawatir bahwa kita tidak siap, terutama untuk skenario terburuk. "Hal yang paling menakutkan adalah jika virus itu lebih mematikan,” kata Anna Bershteyn, asisten profesor di Departemen Kesehatan Penduduk di sekolah kedokteran NYU. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya