Menteri Pertahanan China Akan Kunjungi Rusia dan Belarusia

Menhan China Li Shangfu
Sumber :
  • AP Photo/Mark

Beijing – Menteri pertahanan China, Li Shangfu akan mengunjungi Rusia dan Belarusia pada minggu ini. Hal itu diungkapkan oleh kementerian tersebut dalam pernyataan onlinenya, pada Senin, 14 Agustus 2023. 

Honda Vario 125 Versi Gambot Resmi Meluncur, Segini Harganya

Hubungan antara Beijing dan Moskow tetap hangat dalam beberapa tahun terakhir. Terlebih, China juga tetep menolak untuk menentang invasi Rusia di Ukraina. 

“Atas undangan menteri pertahanan Rusia (Sergei) Shoigu dan menteri pertahanan Belarusia (Viktor) Khrenin, dari 14 hingga 19 Agustus, anggota dewan negara dan menteri pertahanan Li Shangfu akan pergi ke Rusia untuk menghadiri Konferensi Moskow ke-11 tentang Keamanan Internasional, dan mengunjungi  Belarusia,” kata juru bicara kementerian pertahanan China, dikutip dari The Sundaily, Senin, 14 Agustus 2023. 

Mobil Listrik Wuling Laku Keras di PEVS 2024

VIVA Militer: Presiden China, Xi Jinping dan Presiden Rusia, Vladimir Putin

Photo :
  • Business Insider

"Kunjungan Li ke Rusia akan mencakup pidato di forum keamanan internasional, serta pertemuan dengan para pemimpin departemen pertahanan dari Rusia dan negara lain," lanjut juru bicara itu. 

GAC Aion Pakai Teknologi Canggih Untuk Baterai Mobil Listrik Produksinya

Bulan lalu, seorang yang dekat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa Putin berencana untuk mengunjungi China pada bulan Oktober. 

Kemudian, pada bulan Maret Presiden Xi Jinping melakukan kunjungan kenegaraan ke Moskow dan menyatakan hubungan antara kedua negara memasuki era baru. 

China dan Rusia adalah sekutu strategis, dengan kedua belah pihak sering menggembar-gemborkan kemitraan dan kerja sama tanpa batas mereka di bidang ekonomi dan militer. 

Hubungan mereka menjadi lebih dekat setelah Rusia memulai kampanye militernya di Ukraina pada Februari tahun lalu dan sanksi ekonomi Barat yang menyusul, dan Beijing dengan tegas menolak untuk mengutuk serangan Rusia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya