Anak Muda di China Kesulitan Cari Kerja hingga Insomnia

Warga Beijing memakai masker untuk melindungi diri dari COVID-19.
Sumber :
  • AP Photo/Mark Schiefelbein.

Beijing – Zhang, wanita di jurusan psikologi yang baru saja lulus, gagal mendapatkan pekerjaan di bidang riset pasar pilihannya. Padahal, dia telah mengirimkan ribuan CV ke perusahaan China

Konsumen Tes Konsumsi BBM Wuling Alvez, Segini Hasilnya 

Perjuangannya dalam mencari pekerjaan selama berbulan-bulan, telah merusak emosional wanita berusia 23 tahun itu.

"Setelah lulus, saya menemukan bahwa tekanannya sangat besar," katanya saat berada di job fair, di Beijing akhir pekan ini. 

Elon Musk Mendadak Bertemu Pejabat Nomor 2 China di Beijing

Orang-orang memakai masker di Beijing, China.

Photo :
  • AP Photo/Andy Wong.

"Untuk setiap sepuluh resume yang saya kirimkan, saya hanya mendapat satu tanggapan," lanjutnya, dikutip dari New Straits Times, Minggu, 20 Agustus 2023. 

KSAL Muhammad Ali Kunjungi Industri Pertahanan Strategis China, Ada Apa?

Zhang, adalah salah satu dari jutaan lulusan yang memasuki pasar kerja China pada saat pengangguran kaum muda melonjak. 

Baru-baru ini, angka tersebut mencapai rekor setiap bulan, dengan 21,3 persen orang berusia 16 hingga 24 tahun menganggur pada bulan Juni. 

Pihak berwenang Beijing pada hari Selasa, 15 Agustus 2023, tiba-tiba mengatakan mereka akan berhenti menerbitkan data ketenagakerjaan yang berkaitan dengan usia, dan mendorong skeptisisme publik dan kekhawatiran atas pengangguran kaum muda di ekonomi terbesar kedua di dunia itu. 

Pada job fair di Beijing minggu ini, para peserta menggambarkan lanskap yang menantang bagi kandidat, yang tidak berpengalaman yang berharap mendapatkan pekerjaan pertama atau kedua mereka. 

Yang Yao, seorang pengangguran berusia 21 tahun dengan pengalaman di media, kecewa setelah melihat-lihat iklan di sebuah pameran di Beijing, pada hari Kamis, 17 Agustus 2023, di mana sebagian besar majikan mencari staf untuk posisi penjualan dan administrasi bergaji rendah.

Dia telah berhenti dari pekerjaan sebelumnya di provinsi Zhejiang, China timur untuk pindah lebih dekat dengan keluarganya di Beijing. Namun, sekarang dirinya justru didera kecemasan tentang perjuangannya setelah beberapa minggu mencari kerja hanya berujung sia-sia. 

"Setiap malam saya merasa khawatir, bagaimana jika saya tidak dapat menemukan pekerjaan, apa yang akan saya lakukan untuk biaya hidup? Dan saya tidak bisa tidur di malam hari," ujarnya. 

Sebagai informasi, China telah merilis serangkaian indikator dalam beberapa bulan terakhir yang menunjukkan perlambatan pemulihan ekonomi pasca-Covid di negara itu, dengan permintaan konsumen yang lemah membuat perusahaan enggan untuk merekrut.

"Data aktivitas terbaru umumnya datang pada sisi yang lebih lemah, yang menunjukkan bahwa pemulihan terhenti," tulis Jing Liu, kepala ekonom China Raya di HSBC dalam sebuah catatan minggu ini. 

"Ini telah tercermin dari data pasar tenaga kerja," tambahnya. 

Xie Wei, seorang manajer perekrutan berusia 39 tahun di sebuah perusahaan layanan telekomunikasi, mengatakan bahwa perusahaan yang telah bertahan selama tiga tahun dari gangguan selama pembatasan pandemi nol-Covid di China sekarang lebih selektif saat menerima karyawan baru. 

Perusahaan yang telah bangkit kembali akan memilih arah, dan arah ini yang pertama-tama perusahaan harus bertahan. 

Dia juga mengatakan dia merasa bahwa pekerja muda, terutama yang lahir setelah pertengahan 1990-an, tidak memiliki tekanan psikologis, sehingga mereka mungkin lebih malas, dan menggemakan sikap bahwa pemuda harus rela menanggung kesulitan. 

China dalam beberapa pekan terakhir mengumumkan serangkaian langkah untuk meningkatkan konsumsi, termasuk festival skala besar dan acara olahraga, serta peningkatan pengeluaran untuk layanan yang melibatkan katering dan perawatan kesehatan. 

Tetapi, para ekonom mengatakan pemerintah perlu berbuat lebih banyak untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dan pengusaha. 

Dalam satu industri, asuransi dan posisi tampak berlimpah, meski tanpa pendapatan yang dijamin. 

Selain itu, lebih dari sepertiga stan di bursa kerja di Beijing utara pada hari Sabtu diambil alih oleh perusahaan asuransi yang berharap dapat mempekerjakan perwakilan penjualan baru, dengan staf perusahaan menjelajahi tempat tersebut untuk calon karyawan yang menjanjikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya