Kronologis Kecelakaan Pesawat Bos Wagner, Diduga Ditembak Jatuh

VIVA Militer: Bos PMC Wagner Group, Yevgeny Prigozhin
Sumber :
  • pravda.com.ua

Moskow – Pemimpin tentara bayaran Wagner, Yevgeny Prigozhin, diyakini telah meninggal dunia dalam pesawat yang jatuh pada Rabu malam 23 Agustus 2023. Informasi ini muncul setelah nama Progozhin masuk dalam manifes penumpang sebuah jet pribadi yang jatuh tersebut.

Hizbullah Tembakan Puluhan Rudal ke Pemukiman di Perbatasan Israel

Dalam manifes, nama Prigozhin menjadi salah satu dari 10 orang penumpang yang menaiki pesawat bisnis Embarer nahas itu. Keberadaan Prigozhin dalam pesawat jet dengan nomor ekor RA-02795 juga dikonfirmasi oleh otoritas penerbangan Rusia,  Rosaviatsia.

Rosaviatsia, badan penerbangan Rusia, mempublikasikan nama 10 orang yang berada di dalam pesawat yang jatuh tersebut, termasuk Prigozhin dan Dmitry Utkin, tangan kanannya yang membantu mendirikan kelompok tentara bayaran dan memiliki julukan nama panggil "Wagner".

Serang Israel, Uni Eropa Bakal Jatuhi Iran Sanksi

VIVA Militer: Jet pribadi bos tentara bayaran Rusia Yevgeny Prigozhin jatuh

Photo :
  • theguardian.com

Pesawat tersebut, yang sedang melakukan perjalanan dari Moskow ke St. Petersburg, jatuh di dekat desa Kuzhenkino di Wilayah Tver, kata kementerian situasi darurat Rusia. Berdasarkan data pelacakan penerbangan, pesawat tersebut tidak menunjukkan tanda-tanda adanya masalah hingga terjadi penurunan drastis pada 30 detik terakhir.

Awas Hoaks, Ayu Dewi Tegaskan Gak Pernah Jadi MC Peluncuran Jet Pribadi Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Pelacak daring Flightradar24 menunjukkan bahwa pesawat Embraer (nomor registrasi RA02795) yang membawa Prigozhin telah hilang dari radar pada pukul 18:11. 

Klip video yang belum diverifikasi yang diposting ke media sosial menunjukkan sebuah pesawat menyerupai jet pribadi jatuh dari langit. Klip lainnya yang belum diverifikasi menunjukkan puing-puing pesawat yang terbakar di tanah, serta setidaknya satu tubuh terlihat. Tim penyelamat telah menemukan tujuh mayat dari lokasi kejadian, sebut kantor berita TASS.

Segera setelah pesawat itu jatuh, jet pribadi kedua yang terkait dengan Prigozhin yang juga tampaknya menuju ke St. Petersburg, markas Prigozhin, kembali ke Moskow, menurut data pelacakan penerbangan, dan kemudian berhasil mendarat

Penyelidik Rusia mengatakan mereka telah membuka penyelidikan pidana. Beberapa sumber yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada media Rusia, bahwa mereka yakin pesawat itu ditembak jatuh oleh satu atau lebih tembakan rudal permukaan ke udara, tetapi Reuters tidak dapat mengonfirmasi hal itu. (Ant/Antara)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya