AS Tambah Bantuan Senjata Rp 3,8 T ke Ukraina, Termasuk Rudal Penghancur UFO

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken
Sumber :
  • VIVA/ Natania Longdong

Washington – Amerika Serikat, pada Selasa, 29 Agustus 2023, mengumumkan paket bantuan militer berikutnya untuk Ukraina dalam mempertahankan wilayahnya dan melindungi rakyatnya. 

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

"Paket ini berisi kemampuan penting untuk membantu Ukraina di medan perang. Ini termasuk rudal AIM-9M untuk pertahanan udara, amunisi untuk Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi, amunisi artileri 155mm dan 105mm, peralatan pembersih ranjau, Javelin dan sistem serta roket anti-lapis baja lainnya, lebih dari 3 juta butir amunisi senjata kecil, ambulans, amunisi pembongkaran untuk membersihkan rintangan, serta suku cadang, layanan, pelatihan, dan transportasi," kata Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken

"Paket senjata dan peralatan ini, yang bernilai US$250 juta (Rp3,8 triliun), sedang dilaksanakan berdasarkan penarikan yang sebelumnya ditujukan untuk Ukraina." 

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

VIVA Militer: Rudal anti-tank FGM-148 Javelin buatan Amerika tiba di Ukraina

Photo :
  • globaltimes.cn

Menurut Blinken, setiap hari Rusia terus melancarkan perang penaklukan brutal yang telah menewaskan banyak warga sipil Ukraina dan membuat jutaan penduduknya mengungsi. 

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

"Serangan mereka terhadap pelabuhan dan infrastruktur biji-bijian di Ukraina telah menyebabkan ketidakstabilan harga di pasar pangan dan biji-bijian dan memperburuk kelaparan," ujarnya. 

Blinken menyebut, Rusia memulai perang ini dan dapat mengakhirinya kapan saja dengan menarik pasukannya dari Ukraina dan menghentikan serangan brutalnya.  

"Sampai hal ini terjadi, Amerika Serikat dan sekutu serta mitra kami akan tetap bersatu dengan Ukraina, selama diperlukan."

Diketahui, rudal AIM-9M termasuk dalam keluarga rudal jarak pendek AIM-9 Sidewinder yang diproduksi oleh Raytheon. Ini adalah rudal udara-ke-udara inframerah yang dikembangkan untuk Angkatan Udara AS dan Angkatan Laut AS.

Rudal AIM-9X Sidewinder beroperasi di lebih dari 24 negara di seluruh dunia. Senjata ini dipasok ke negara-negara anggota NATO dan negara-negara sekutu AS lainnya. 

Belum lama ini, rudal AIM-9X Sidewinder dipakai militer AS untuk menembak jatuh balon mata-mata asal China, dan yang terbaru menghancurkan obyek misterius di angkasa atau UFO. Rudal AIM-9X Sidewinder ditembakkan dari jet tempur siluman F-22 ke obyek sasaran. 

Rudal ini juga dapat digunakan secara luas di berbagai jet generasi terbaru termasuk F-16 Fighting Falcon dan F-22 Raptor.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya