Duet Anies-Cak Imin Disorot Media Asing

Anies Baswedan dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.
Sumber :
  • Twitter Muhaimin Iskandar @cakimiNOW

Jakarta – Bakal calon presiden (Bacapres), Anies Baswedan yang resmi berpasangan dengan Ketua Umum (Ketum) PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, pada Sabtu, 2 September 2023, mendapat sorotan media asing

Isu Cak Imin Minta Jatah 2 Kursi Menteri Buat PKB, PAN: Itu Urusannya Prabowo

Salah satu media Malaysia, New Straits Times, menyebut bahwa Cak Imin, yang merupakan ketua partai Islam terbesar di Indonesia, ditunjuk sebagai calon wakil presiden Anies pada 2024 mendatang. 

"Sebuah langkah yang bertujuan untuk meningkatkan popularitasnya di negara mayoritas Muslim ini," tulis media Malaysia itu, dikutip pada 4 September 2023. 

Digadang-gadang Jadi Penasihat Prabowo, Jokowi: Saya Masih Presiden Sekarang Ini

Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dengan Anies Baswedan.

Photo :
  • ANTARA Foto

Jajak pendapat memperkirakan pemilu ini akan berlangsung sengit antara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, yang keduanya mendapat dukungan dari presiden saat ini, Joko Widodo, menurut media itu. 

DPR Kembali Gelar Rapat Paripurna Hari Ini, Puan dan Cak Imin Absen

Selain itu, media China yakni South China Morning Post (SCMP), juga menyoroti duet itu. 

Mereka mengatakan bahwa pemilihan Cak Imin menjadi calon wakil presiden (cawapres) Anies, akan menjadi bumerang bagi mantan gubernur DKI Jakarta itu, sebab sebelumnya posisi Cak Imin akan diisi oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). 

Anies Baswedan dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Photo :
  • Twitter Muhaimin Iskandar @cakimiNOW

"Langkah ini bisa menjadi bumerang karena Anies berjanji memilih putra mantan presiden Yudhoyono sebagai pasangannya, yang mengakibatkan partainya menarik diri dari koalisi," tulis media itu. 

Sebagai informasi, bacapres lainnya yakni Prabowo dan Ganjar belum menyebutkan nama calon wakil presidennya. Kandidat diharapkan untuk mendaftar secara resmi antara bulan Oktober dan November.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya