Timor Leste Minta Jadi Bagian Penuh ASEAN, Ini Janjinya

PM Timor Leste Xanana Gusmao.
Sumber :
  • Anisa Aulia/VIVA.

Jakarta – Perdana Menteri Timor Leste Kay Rala Xanana Gusmão menyatakan, keinginannya untuk menjadi bagian dari ASEAN. Menurutnya, jika Timor Leste masuk menjadi anggota ASEAN, keamanan untuk berinvestasi akan tercipta.

Geopolitik Global Tak Menentu, Bos BNI Pede Ekonomi RI Sehat dan Stabil

"Timor Leste menjalin hubungan dengan ASEAN dan ingin menjadi bagian dari kisah kesuksesan ini dengan hubungan kemitraan dengan ASEAN. Kita dapat meningkatkan kesejahteraan bisnis dan juga kepercayaan yang dapat meningkatkan investasi di Timor Leste," kata Xanana dalam ASEAN Matters: Resilience and Stability in a Fractious Global Economy Senin, 4 Sepetember 2023.

Xanana menuturkan, menarik investasi asing langsung atau foreign direct investment sangat penting untuk menumbuhkan perekonomian Timor-Leste. Sebab dengan itu, akan menciptakan lapangan kerja untuk mendorong transformasi struktur ekonomi di negaranya.

Ekonom BCA Ramal Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,07-5,14 Persen

PM Timor Leste Xanana Gusmao Kunjungi Indonesia

Photo :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

"Kami juga ingin menjadi bagian dari masyarakat ASEAN," ujarnya.

Ekonom Sebut Omnibus Law Jadi PR Prabowo-Gibran

Lebih lanjut dia menuturkan, di tengah ketidakpastian dari ekonomi global saat ini. Ekonomi ASEAN memiliki harapan untuk tumbuh lebih baik.

"ASEAN merupakan faktor pendorong untuk ekonomi global dengan US$2,3 triliun dan 600 juta orang. ASEAN merupakan kekuatan utama ekonomi di Asia Tenggara," ujarnya.

Logo ASEAN

Photo :
  • Wikipedia

Menurutnya, juga penting untuk mengakui bahwa ASEAN mampu untuk membangun kekuatan dibandingkan negara-negara lainnya.

"Penting sekali untuk mengakui signifikansi internasional dari kesuksesan ASEAN, dan kemampuan ASEAN untuk membangun kekuatan dari negara-negara yang sebelumnya rentan dan kerap mengalami konflik. Negara-negara ASEAN dan Asia Timur mencapai suatu kesuksesan yang belum dapat direplikasi dalam bagian dunia lainnya terutama di Afrika," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya