Menteri Pertahanan Ukraina Dipecat Zelenzky, Ini Sosok Penggantinya

VIVA Militer: Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky
Sumber :
  • thehill.com

Kyiv – Presiden UkrainaVolodymyr Zelensky, belum lama ini mengumumkan pencopotan Menteri Pertahanan Oleksii Reznikov, di tengah perang melawan Rusia yang masih terus berkecamuk.

Daftar yang Jadi Sahabat Pengadilan di Sidang Korupsi Eks Dirut Pertamina Karen Agustiawan

Dilansir dari Aljazeera, Senin, 4 September 2023, Zelensky mengatakan bahwa ia akan menggantikan Reznikov agar Kementerian Pertahanan Ukraina memiliki pendekatan baru dalam menghadapi Rusia.

VIVA Militer: Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky

Photo :
  • nypost.com
Profil Nayunda Nabila, Penyanyi Dangdut yang Terseret Kasus Korupsi Eks Mentan SYL

"Oleksi Reznikov sudah melewati lebih dari 550 hari perang skala penuh. Saya yakin kementerian membutuhkan pendekatan baru dan format interaksi lainnya, baik dalam militer mau pun di tengah masyarakat luas," ujar Zelensky.

Zelensky lantas mengusulkan nama Rustem Umerov untuk menggantikan Reznikov. Umerov adalah pejabat yang mengepalai Dana Properti Negara sejak tahun lalu. Zelensky lantas mengusulkan nama Rustem Umerov untuk menggantikan Reznikov. Umerov adalah pejabat yang mengepalai Dana Properti Negara sejak tahun lalu.

Bersama Export Center Surabaya, Bea Cukai Lepas Ekspor Produk Ikan Tenggiri dan Ikan Tuna

Pelabuhan tersebut merupakan salah satu tempat Ukraina menyimpan gandum untuk ekspor. Beberapa pekan belakangan, Ukraina memang kewalahan karena Rusia terus menggempur pelabuhan-pelabuhan tempat lumbung gandum mereka berdiri.

Rusia terus menggempur setelah mereka menarik diri dari kesepakatan ekspor biji-bijian di tengah perang yang sebelumnya disepakati dengan Ukraina dengan perantara Turki.

Sementara itu, Bulan lalu, sebuah media Ukraina menuduh kementeriannya melakukan korupsi dalam pengadaan mantel musim dingin untuk tentara. Reznikov membantah melakukan kesalahan dan berulang kali mengatakan dia menjadi sasaran kampanye kotor.

VIVA Militer: Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky

Photo :
  • nytimes.com

Di sisi lain, Umerov adalah mantan anggota parlemen berusia 41 tahun dan merupakan warga Tatar Krimea. Ia telah memimpin Dana Properti Negara Ukraina sejak September 2022 dan berperan dalam negosiasi sensitif di masa perang, misalnya, kesepakatan gandum di Laut Hitam.

Ia kerap mendapat pujian di Ukraina. Ini karena rekam jejaknya di Dana Properti Negara, yang mengawasi privatisasi aset negara dan pernah terlibat dalam skandal korupsi sebelum ia menjabat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya