Tony Blair Berkenalan dengan Tonibler

Tony Blair dengan 9 anak di Kosovo yang bernama mirip dengan dia
Sumber :
  • AP Photo/Visar Kryeziu

VIVAnews - Bagi warga etnis Albania di Kosovo, Tony Blair adalah pahlawan. Buktinya, ada sejumlah orang tua yang menamai anak-anak mereka mirip dengan mantan Perdana Inggris itu.

Maka, dalam suatu acara di ibukota Kosovo, Pristina, Jumat 9 Juli 2010, Blair disambut sembilan anak yang bernama mirip dengan dirinya. Menurut laman stasiun televisi Sky News, mereka ada yang bernama Tonibler atau Toni.

Bersama anak-anak itu, Blair tampil bersama di atas panggung. "Seperti yang Anda saksikan, nama Anda cukup umum di negeri kami," tutur seorang remaja putri yang menjadi pemandu acara kepada Blair. Mereka lalu bersama-sama

Mungkin, karena bangga, tak ada reaksi selain senyuman di wajah Blair. Rupanya, banyak warga etnis Albania yang tidak lupa atas jasa Blair - yang menjadi perdana menteri Inggris periode 1997-2007 - dalam menyelamatkan mereka dari pembantaian milisi dan tentara Serbia.

Pada 1999, Blair menggalang kampanye untuk menyelamatkan etnis Albania di Kosovo, diantaranya berhasil memerintahkan pasukan Organisasi Pertahanan Atlantik Utara (NATO) untuk mengebom Serbia.   

Saat itu terjadi perang yang tidak imbang antara pejuang etnis Albania dengan pasukan dan milisi Serbia pimpinan diktator saat itu, Slobodan Milosevic. Inggris pun termasuk negara pertama yang mendukung kemerdekaan Kosovo dari Serbia pada 2008. 

"Saya saat itu melakukan apa yang benar, apa yang adil. Saya tidak sekalipun menyesal," kata Blair kepada para penonton yang menyambut dia. Mereka pun mengelu-elukan nama Blair sambil mengibarkan bendera Kosovo dan Inggris.

Pensiun sebagai PM Inggris, Blair kini menjadi utusan khusus untuk perdamaian di Timur Tengah.

Suci Winata Istri Ke-4 Ari Sigit Melahirkan Cicit Soeharto
Ilustrasi nyamuk.

Health Minister Conveys How to Handle Arbovirus Disease

Indonesian Health Minister Budi Gunadi Sadikin stated that there are several ways to handle arbovirus diseases, which are transmitted through insect vectors such as mosqu

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024