Dua Jet Tempur Rusia Su-30 Tiba di Myanmar

VIVA Militer: Jet tempur multiperan Sukhoi Su-30M Angkatan Udara Rusia
Sumber :
  • sputniknews.com

Naypyidaw – Myanmar telah menerima pengiriman pertama dua jet tempur Su-30 Rusia. Hal itu disampaikan oleh Charlie Than, menteri perdagangan Myanmar, pada hari Minggu, 10 September 2023.

Hubungan Israel-Arab Saudi Alot, Menlu AS Temui Pangeran MBS

“Dua pesawat telah dikirimkan,” kata Than kepada kantor berita Rusia, RIA di sela-sela Forum Ekonomi Timur, di pelabuhan Vladivostok.

Dilansir dari Arab News, Senin, 11 September 2023, Rusia dan Myanmar memang menandatangani kontrak pada September 2022 lalu untuk pengiriman enam jet tempur Su-30SME.

Nilai 3 Artefak Langka Zaman Majapahit yang Dicuri Capai Rp 46 Miliar

VIVA Militer: Jet tempur multiperan Sukhoi Su-30M Angkatan Udara Rusia

Photo :
  • diplomat.com

Jet tempur multi-peran Sukhoi Su-30SME dirancang untuk menyerang target udara musuh, pengintaian udara, pekerjaan tempur, dan pelatihan pilot, menurut Rosoboronexport, eksportir senjata yang dikendalikan negara Rusia.

AS Kembalikan Barang Antik Milik Indonesia yang Dicuri, Ada 3 Artefak Majapahit

Secara terpisah, Than mengatakan bahwa sejumlah perjanjian bilateral akan ditandatangani di Forum Ekonomi Timur, termasuk mengenai pengembangan pariwisata antara kedua negara.

Menanggapi hal itu, Amerika Serikat (AS) telah memperingatkan bahwa dukungan Rusia terhadap penguasa militer Myanmar tidak dapat diterima.

AS juga menilai bahwa pengiriman pesawat tempur itu dapat menimbulkan destabilisasi, karena pasokan senjata mereka turut memicu konflik yang telah menjadi bencana bagi Myanmar.

Sebagai informasi, Menteri Pertahanan dan diplomat tinggi Rusia telah mengunjungi Myanmar, sementara Ketua Junta militer, Min Aung Hlaing juga telah berkunjung ke Rusia beberapa kali sejak tahun 2021 dan dianugerahi gelar doktor kehormatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya