Gerhana Matahari Akan Terlihat di Pasifik

Gerhana matahari di Chongqing, China
Sumber :
  • AP Photo/Xinhua, Yang Lei

VIVAnews - Gerhana matahari diperkirakan berlangsung pada hari Minggu, 11 Juli 2010. Namun, kejadian langka itu hanya disaksikan sekilas di wilayah-wilayah tertentu di Bumi belahan selatan.

Pemandangan itu dimulai saat matahari terbit di suatu lokasi yang berjarak 1.200 mil dari lepas pantai bagian timur laut Selandia Baru. Kemudian bayangan bulan akan terlihat di kawasan Pasifik Selatan. Selama beberapa menit, langit akan menjadi gelap di atas Kepulauan Cook, Pulau Easter, dan wilayah-wilayah tertenti di selatan Chili dan Argentina.

Gerhana matahari total akan terlihat jelas di perairan terbuka Pasifik Selatan, diperkirakan selama 5 menit dan 20 detik. 

Astronom dari Willimas College, Jay Pasachoff, beserta para mahasiswanya telah bertolak menuju Pulau Easter untuk menjadi saksi gerhana matahari. Sebelumnya, Pasachoff sudah 50 kali menyaksikan peristiwa itu.

"Saya sedih bahwa hanya sedikit orang yang akan mampu melihat gerhana tahun ini karena pemandangan itu tidak tampak di kota-kota besar," kata Pasachoff.

Gerhana terjadi saat bulan mengorbit ke posisi antara matahari dan Bumi. Pandangan ke matahari dari Bumi jadi terhalang bulan sehingga membentuk suatu sinar berbentuk cincin raksasa. (Associated Press)

Syekh Abu Al Sebaa, Seorang Dermawan Penyedia Makan Gratis untuk Jemaah Umrah Meninggal Dunia
VIVA Militer: Rudal Balistik Jarak Menengah (MRBM) Kheibar Shekan militer Iran

Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?

Argentina menuduh Iran sebagai pelaku tindakan terorisme. Tuduhan ini muncul setelah lebih dari tiga dekade serangan yang mengakibatkan korban jiwa di Buenos Aires, Argen

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024