Kim Jong Un ke Rusia Naik Kereta Api Lapis Baja, Bertemu Putin Hari Ini

Kim Jong Un tiba di Rusia
Sumber :
  • The Guardian

VIVA Dunia – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah tiba di Rusia, setelah melakukan perjalanan dari Pyongyang dengan kereta pribadinya untuk menghadiri pertemuan puncak yang jarang terjadi dengan Presiden Vladimir Putin di Vladivostok. 

Drone Bunuh Diri Iran Bombardir Suriah, Habisi Nyawa Warga Sipil

Sebuah kereta yang membawa Kim telah tiba di stasiun Khasan, pintu gerbang kereta utama ke Timur Jauh Rusia dari Korea Utara, kantor berita Jepang Kyodo melaporkan mengutip sumber resmi Rusia yang tidak disebutkan namanya.

Pertemuan antar dua pemimpin diperkirakan akan diadakan di kota pelabuhan Rusia Vladivostok pada sore hari, tempat Putin telah tiba.

Vladimir Putin Starts New Six-Year Term as Russian President

VIVA Militer : Kim Jong Un dan Vladimir Putin

Photo :
  • Moscow Times

Perjalanan Kim ke Rusia dan pertemuan dengan Putin akan menjadi kunjungan skala penuh untuk memperkuat hubungan, kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov dalam sebuah video yang diposting online, dan terjadi di tengah kekhawatiran di negara-negara barat bahwa Pyongyang berencana memberikan senjata ke Moskow untuk digunakan dalam perang melawan Ukraina. 

Presiden Vladimir Putin Dapat Mobil Baru Super Canggih

Pada hari Selasa, Peskov mengabaikan peringatan AS mengenai kesepakatan senjata apa pun: “Seperti yang Anda ketahui, saat menerapkan hubungan kami dengan tetangga kami, termasuk Korea Utara, kepentingan kedua negara adalah penting bagi kami, dan bukan peringatan dari Washington. Kepentingan kedua negaralah yang akan kami fokuskan," ujarnya, melansir The Guardian, Selasa 12 September 2023. 

Kim didampingi oleh pejabat tinggi pemerintah, termasuk personel militer, menurut laporan KCNA Korea Utara. 

Sebelumnya, kantor berita tersebut merilis foto-foto keberangkatan Kim dari Pyongyang, yang menunjukkan penjaga kehormatan militer dan kerumunan orang berjas gelap dan gaun warna-warni melambaikan bunga dan bendera saat Kim menaiki kereta berwarna hijau tua, yang diyakini berlapis baja dan membawa peralatan khusus lainnya. 

Perjalanan tersebut menandai kunjungan pertama Kim ke luar negeri dalam lebih dari empat tahun dan yang pertama sejak pandemi Covid-19. Pada hari Senin, Departemen Luar Negeri AS menggambarkan Putin putus asa atas konflik Ukraina dan memperbarui peringatan bahwa kesepakatan senjata apa pun dapat memicu sanksi AS. 

“Saya akan mengingatkan kedua negara tersebut bahwa setiap transfer senjata dari Korea Utara ke Rusia merupakan pelanggaran terhadap beberapa resolusi dewan keamanan PBB,” ujar juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller dikatakan. 

Gedung Putih mengatakan pekan lalu bahwa mereka memiliki informasi intelijen yang menunjukkan Rusia ingin membeli peluru artileri tambahan dari Korea Utara untuk menopang basis industri pertahanannya. 

Korea Utara sebelumnya dituduh oleh AS menjual peluru artileri kepada kelompok tentara bayaran Rusia, Wagner.

Kim dan Putin, yang pertama kali bertemu pada tahun 2019, sedang mengupayakan kerja sama militer dan ekonomi yang lebih besar untuk melawan meningkatnya isolasi internasional yang dipicu oleh invasi Rusia ke Ukraina dan program rudal balistik dan senjata nuklir Korea Utara.

Pada bulan Juli, Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, juga melakukan perjalanan ke Pyongyang, di mana ia mengunjungi pameran pertahanan yang menampilkan rudal balistik terlarang di negara tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya