17 Penulis, Termasuk Penulis Game of Thrones Tuntut ChatGPT dan OpenAI

OpenAI ChatGPT.
Sumber :
  • Richard Drew

VIVA Dunia – John Grisham, Jodi Picoult dan penulis novel terkenal Game of Thrones George RR Martin termasuk di antara 17 penulis yang menggugat OpenAI, yang merupakan gelombang terbaru dari tindakan hukum yang dilakukan para penulis yang khawatir bahwa program kecerdasan buatan menggunakan karya cipta mereka tanpa izin.

Gandeng Sejumlah Kampus di Indonesia, Maxnovel Tumbuhkan Minat Baca Melalui Karya Fiksi

Usulan gugatan class action yang diajukan pada awal pekan ini oleh Authors Guild dan bergabung dengan beberapa penulis, pemilik kode sumber, dan seniman visual melawan penyedia AI generatif.

Selain OpenAI yang didukung Microsoft, tuntutan hukum serupa juga sedang diproses terhadap Meta Platforms dan Stability AI atas data yang digunakan untuk melatih sistem AI mereka.

HBO Umumkan Pemeran Utama Prekuel Game of Thrones, Knight of The Seven Kingdoms

Game of Thrones Season 8 Episode 4.

Photo :
  • HBO

Penulis lain yang terlibat dalam gugatan terbaru ini termasuk penulis The Lincoln Lawyer Michael Connelly dan pengacara-novelis David Baldacci dan Scott Turow.

Buku Karya Penulis Israel yang Diduga Pengaruhi Zara Lepas Hijab Beredar di Indonesia

OpenAI dan “terdakwa” AI lainnya mengatakan penggunaan data pelatihan yang diambil dari internet memenuhi syarat sebagai penggunaan wajar berdasarkan undang-undang hak cipta AS.

Seorang juru bicara OpenAI mengatakan bahwa perusahaan tersebut menghormati hak-hak penulis dan “melakukan percakapan produktif dengan banyak pembuat konten di seluruh dunia, termasuk Authors Guild”.

Dalam dokumen yang diajukan ke pengadilan federal di New York, para penulis menuduh “pelanggaran mencolok dan berbahaya terhadap hak cipta terdaftar penggugat” dan menyebut program ChatGPT sebagai “perusahaan komersial besar” yang bergantung pada “pencurian sistematis dalam skala massal”.

Gugatan tersebut diselenggarakan oleh Authors Guild dan juga melibatkan David Baldacci, Sylvia Day, Jonathan Franzen, dan Elin Hilderbrand.

“Sangat penting bagi kita untuk menghentikan pencurian ini atau kita akan menghancurkan budaya sastra kita yang luar biasa, yang memberi makan banyak industri kreatif lainnya di AS,” kata CEO Authors Guild Mary Rasenberger dalam sebuah pernyataan, melansir Al Jazeera, Jumat 22 September 2023.

“Buku-buku bagus umumnya ditulis oleh mereka yang menghabiskan karier dan, tentu saja, hidup mereka, mempelajari dan menyempurnakan keahlian mereka. Untuk melestarikan literatur kita, penulis harus memiliki kemampuan untuk mengontrol apakah dan bagaimana karya mereka digunakan oleh AI generatif.”

Gugatan tersebut mengutip penelusuran ChatGPT khusus untuk masing-masing penulis, seperti satu untuk Martin yang menuduh program tersebut menghasilkan “garis besar yang melanggar, tidak sah, dan terperinci untuk sebuah prekuel” Game of Thrones yang diberi judul A Dawn of Direwolves dan menggunakan “karakter yang sama dari buku Martin yang ada dalam seri A Song of Ice and Fire.”

Seorang juru bicara OpenAI mengatakan dalam pernyataannya bahwa perusahaan mereka menghormati “hak-hak penulis dan penulis dan percaya bahwa mereka harus mendapatkan keuntungan dari teknologi AI”.

“Kami optimis akan terus menemukan cara yang saling menguntungkan untuk bekerja sama membantu masyarakat memanfaatkan teknologi baru dalam ekosistem konten yang kaya,” bunyi pernyataan tersebut.

Awal bulan ini, beberapa penulis termasuk Michael Chabon dan David Henry Hwang menggugat OpenAI di San Francisco karena “jelas-jelas merupakan pelanggaran kekayaan intelektual”.

Pada bulan Agustus, OpenAI meminta hakim federal di California untuk menolak dua tuntutan hukum serupa, satu melibatkan komedian Sarah Silverman dan satu lagi dari penulis Paul Tremblay. Dalam pengajuannya ke pengadilan, OpenAI mengatakan klaim tersebut “salah memahami ruang lingkup hak cipta, gagal mempertimbangkan batasan dan pengecualian (termasuk penggunaan wajar) yang memberikan ruang bagi inovasi seperti model bahasa besar yang kini berada di garis depan kecerdasan buatan”.

Keberatan penulis terhadap AI telah membantu Amazon.com, pengecer buku terbesar di negara tersebut, mengubah kebijakannya terhadap e-book. Raksasa online ini kini meminta para penulis yang ingin menerbitkan karya mereka melalui Kindle Direct Program untuk memberi tahu Amazon terlebih dahulu bahwa mereka menyertakan materi yang dihasilkan AI.

Amazon juga membatasi penulis untuk menerbitkan tiga buku baru di Kindle Direct per hari, dalam upaya membatasi penyebaran teks AI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya