Erdogan Bocorkan Rencana Putin Selanjutnya di Perang Ukraina

Presiden Putin dan Presiden Erdogan saat bertemu di Astana, Kazakhstan
Sumber :
  • Vyacheslav Prokofyev, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP

Ankara – Presiden Rusia Vladimir Putin ingin perang yang melelahkan yang dilakukan Moskow di Ukraina berakhir "sesegera mungkin". Hal itu diungkapkan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan setelah dirinya bertemu dengan Putin.

Prabowo Suarakan Solidaritas untuk Palestina, Soroti Standar Ganda Negara Barat

Dilansir dari Newsweek, Selasa, 26 September 2023, Menurut Erdogan, perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina sejak Februari 2022 masih jauh dari kata selesai.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Rusia Vladimir Putin

Photo :
  • Atlantic Council
Ngeri, Ada Ramalan Jayabaya Diduga Sebut Tanda Perang Dunia Ketiga

"Sangat jelas bahwa perang ini akan berlangsung lama," kata Erdogan kepada PBS News, Ankara telah bertindak sebagai negosiator antara Moskow dan Kyiv sejak pecahnya perang di Ukraina.

Turki sangat terlibat dalam kesepakatan biji-bijian di Laut Hitam yang ditengahi PBB, yang memungkinkan Ukraina mengekspor biji-bijian dari pelabuhan-pelabuhan di wilayah selatannya dan mencegah ketakutan akan kekurangan pangan global.

5 Fakta Tersembunyi Hubungan Iran dan Israel, Pernah Seharmonis Ini

Turki juga telah mengirimkan bantuan militer ke Ukraina, termasuk kendaraan udara tak berawak. Namun Ankara juga mempertahankan hubungan ekonomi dengan Rusia dan menghindari sanksi yang sama terhadap Kremlin seperti negara-negara NATO lainnya terkait perang tersebut.

"Rusia merupakan salah satu tetangga terdekat saya," kata Erdogan, kemudian menambahkan bahwa Moskow "sama dapat diandalkan" seperti negara-negara Barat.

" Saat ini, saya memercayai Rusia sama seperti saya memercayai negara-negara Barat," katanya.

"(Putin) sebenarnya berada di pihak yang ingin mengakhiri perang ini sesegera mungkin," lanjut Erdogan.

Para analis berpendapat bahwa Rusia diperkirakan akan menyelesaikan invasinya ke Ukraina dalam waktu satu setengah minggu, sehingga memperoleh kemajuan besar pada hari-hari awal invasi yang dimulai pada 24 Februari 2022.

Namun hal ini gagal terwujud karena apa yang oleh para ahli disebut sebagai "pembangkangan Ukraina yang mengejutkan Kremlin".

VIVA Militer: Recep Tayyip Erdogan dan Vladimir Putin

Photo :
  • The Moscow Times

Analisis Barat juga menunjukkan bahwa Moskow membuat sejumlah kesalahan krusial pada tahap awal, termasuk cara mereka menggunakan awak tanknya, sehingga menyebabkan kerugian besar pada personel berpengalamannya.

Rusia saat ini menguasai sekitar seperlima wilayah Ukraina yang diakui secara internasional. Serangan balasan yang dilakukan Kyiv, yang dimulai pada awal Juni, telah memukul mundur beberapa posisi Rusia di wilayah selatan dan timur negara yang dianeksasi tersebut, namun kemajuan yang dicapai lebih lambat dari apa yang diharapkan oleh Ukraina dan para pendukungnya.

Dalam seminggu terakhir, Ukraina mengatakan telah mereklamasi dua desa Donetsk dekat kota Bakhmut di bagian timur yang hancur, yang direbut Rusia pada bulan Mei.

Ukraina juga mengatakan pada awal September bahwa mereka berada di antara garis pertahanan pertama dan kedua Rusia di sekitar Robotyne, sebuah kota di wilayah selatan Zaporizhzhia yang pernah mengalami pertempuran sengit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya