Kota New York Deklarasikan Keadaan Darurat, Ada Apa?

Banjir di New York
Sumber :
  • ParkNYC

VIVA Dunia – Pihak berwenang Kota New York telah mendeklarasikan bahwa kota tersebut kini dalam keadaan darurat atau declared a state of emergency, setelah hujan lebat menyebabkan banjir di beberapa bagian kota pada hari Jumat waktu setempat.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

"Saya mendeklarasikan Keadaan Darurat di seluruh Kota New York, Long Island, dan Lembah Hudson karena curah hujan ekstrem yang kita lihat di seluruh wilayah tersebut. Mohon mengambil langkah-langkah untuk tetap aman dan ingat untuk tidak pernah mencoba melakukan perjalanan di jalan yang banjir," kata Gubernur Kathy Hochul di platform media sosial Twitter, melansir DW, Sabtu 30 September 2023. 

Berbagai media sosial juga dipenuhi dengan video yang dibagikan para warga kota, yang memperlihatkan luasnya banjir cukup tinggi di sejumlah lokasi.

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Banjir di New York

Photo :
  • DW

Jalan-jalan di kota terpadat di Amerika Serikat itu berubah menjadi sungai ketika hujan deras mengguyur wilayah metropolitan. Penerbangan ke Bandara LaGuardia dihentikan dan kemudian ditunda karena adanya air di area pengisian bahan bakar bandara. 

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Banjir juga memaksa penutupan salah satu dari tiga terminal bandara. Layanan Cuaca Nasional AS (NWS) telah mengeluarkan peringatan banjir bandang di beberapa bagian kota setelah prakiraan memperkirakan akan terjadi hujan lebat hingga berlebihan di beberapa bagian Timur Laut, termasuk Kota New York. 

Ahli meteorologi NWS Zack Taylor mengatakan curah hujan setinggi 6 inci turun di beberapa lokasi, termasuk Brooklyn, Lower Manhattan, dan Bandara Internasional John F. Kennedy di wilayah Queens. “Hujan yang turun semakin banyak,” kata Taylor, dan memperingatkan: “Ini adalah situasi yang sangat mengancam jiwa"

Walikota Eric Adams mendesak warga untuk tetap berada di dalam ruangan atau di rumah mereka, jika memungkinkan. “(Hujan dan banjir) ini belum berakhir, dan saya tidak ingin hujan deras ini memberi kesan bahwa semuanya sudah berakhir,” kata Adams saat konferensi pers. 

Para pejabat kota mengatakan bahwa belum ada korban jiwa atau cedera yang dilaporkan terkait badai ini, namun jalanan yang terendam banjir menghambat kemampuan untuk bergerak dengan bebas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya