Puluhan Drone Rusia Gempur Pelabuhan Danube Ukraina

VIVA Militer: Serangan drone militer Rusia di Kiev, Ukraina
Sumber :
  • war.ukraine.ua

Kiev – Rusia meluncurkan serangan pesawat tanpa awak (drone) ke infrastruktur pelabuhan Ukraina di Danube, menyebabkan kerusakan kepada rute ekspor vital di kawasan Odesa di selatan, demikian menurut pejabat dan militer Ukraina, Kamis 12 Oktober 2023.

Gubernur Odesa, Oleh Kiper, mengatakan infrastruktur pelabuhan dan gedung pemukiman rusak dalam serangan semalam di distrik Izmail, lokasi pelabuhan Ukraina, Danube.

Kobaran api akibat serangan telah dipadamkan, kata Kiper dalam layanan pesan Telegram, dan menambahkan bahwa seorang wanita dikirim ke rumah sakit akibat luka bakar.

AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza

Serangan rudal Rusia ke desa Ukraina tewaskan 51 orang.

Photo :
  • Ukrainian Presidential Press Office via AP.


Rusia telah meningkatkan serangan atas infrastruktur pelabuhan sejak pertengahan Juli, setelah menarik diri dari perjanjian yang ditengahi oleh PBB yang memberikan jalur aman bagi kapal pengangkut biji-bijian Ukraina melalui Laut Hitam.

Reuters tidak bisa mengkonfirmasi secara mandiri info tersebut dan tidak ada komentar dari pihak Rusia mengenai serangan.

Angkatan udara Ukraina mengatakan bahwa 28 dari 33 drone Shahed yang diluncurkan Rusia ditembak jatuh, dan menambahkan bahwa sistem pertahanan udara beroperasi di setidaknya enam wilayah Ukraina.

Komando operasi Ukraina "South" mengatakan sebelumnya bahwa 10 drone ditembak jatuh di atas kawasan Odesa, di mana fasilitas penyimpanan telah dirusak dan empat drone ditembak di kawasan sekitarnya di Mykolaiv.

Kondisi Gaza Jauh Lebih Hancur Dibanding Kota di Jerman Pada Perang Dunia II

VIVA Militer: Puing drone militer Rusia di Kiev, Ukraina

Photo :
  • euractiv.com


Dalam upaya untuk melewati sistem pertahanan udara, berbagai drone tersebut terbang dari segala arah, menggunakan jalur lintasan yang kompleks dan fitur pengenal daratan, menurut "South".

Sementara itu, seorang pria berusia 70 tahun terbunuh dalam serangan rudal Rusia semalam di sebuah desa di kawasan Kherson, yang juga berada di selatan, menurut Gubernur setempat, Oleksandr Prokudin.

Rusia meluncurkan serangan udara rutin pada kota-kota di seluruh Ukraina sejak memulai invasi skala penuh mereka pada Februari 2022. (Ant/Antara)

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap
Danone

Danone Tidak Termasuk! Ini Daftar Perusahaan Pendukung Israel Menurut PBB

Danone tidak termasuk ke dalam daftar perusahaan yang mendukung Israel menurut laporan PBB. Berikut daftar lengkapnya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024