Daniel Noboa Jadi Presiden Termuda Sepanjang Sejarah Ekuador

Daniel Noboa, Presiden Termuda Sepanjang Sejarah Ekuador
Sumber :
  • AP Photo

Ekuador – Pengusaha Daniel Noboa (35), menjadi presiden termuda dalam sejarah Ekuador, setelah memenangkan pemilihan umum putaran kedua, pada Minggu, 15 Oktober 2023.

PPP Banten Terus Support Perjuangan di MK, Kader Diminta Solid Jelang Pilkada 2024

Dilansir dari BBC Internasional, Selasa, 17 Oktober 2023, sebanyak 97 persen suara telah dihitung, Noboa, seorang tokoh tengah, unggul empat poin persentase atas saingannya dari sayap kiri, Luisa Gonzalez. 

Gonzales juga mengakui hasil dari pemilu itu, dan mengucapkan selamat kepada Noboa atas kemenangannya.

Airlangga Bantah Golkar dan PAN Rebutan Jatah Menteri ESDM di Kabinet Prabowo

Pidato Kemenangan Daniel Noboa, Presiden Ekuador yang Baru

Photo :
  • AP Photo

Dalam pidato kemenangannya, Noboa mengatakan bahwa ia akan "memberikan kembali senyuman dan kedamaian bagi negaranya.

Galangan Kapal Panji Gumilang Masih Disegel, Alvin Lim Kritik Pemkab Indramayu

Sebelumnya, kampanye pemilu di negara itu dibayangi oleh tingkat kekerasan yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang menyebabkan salah satu kandidat, Fernando Villavicencio, dibunuh hanya beberapa hari sebelum putaran pertama pemungutan suara pada Agustus lalu.

Tingkat pembunuhan di Ekuador diketahui meningkat empat kali lipat antara 2018 dan 2022 dan jajak pendapat menunjukkan bahwa keamanan adalah perhatian utama pemilih menjelang pemilu.

Pendukung Daniel Noboa

Photo :
  • AP Photo

"Besok kami akan mulai bekerja untuk Ekuador yang baru, untuk membangun kembali negara yang dilanda kekerasan, korupsi dan kebencian," kata Noboa dalam pidato kemenangannya.

Para analis menyatakan bahwa Noboa, yang memiliki sedikit pengalaman politik, akan menghadapi perjuangan berat untuk mengatasi masalah keamanan Ekuador, dan kinerja ekonomi yang buruk selama masa jabatannya yang terbatas.

Meskipun masa jabatan presiden di Ekuador biasanya berlangsung selama empat tahun, namun pemilu ini merupakan pemilihan umum yang dipicu oleh pembubaran parlemen oleh Presiden Guillermo Lasso yang akan keluar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya