Ini 5 Resep Panjang Umur Warga Singapura

Singapura
Sumber :
  • Pixabay/ sasint

VIVA Dunia – Yakinlah, rahasia untuk hidup panjang umur dan bahagia dapat ditemukan di Blue Zone atau Zona Biru dunia.

Singapura Siap Sambut Kembali Wisatawan! STB dan GDP Venture Perbarui Kemitraan

“Zona Biru” adalah wilayah geografis dengan tingkat penyakit kronis yang lebih rendah dan harapan hidup yang lebih panjang. Pola makan, puasa, dan olahraga merupakan faktor yang berhubungan dengan Zona Biru.

Daerah yang telah lama menjadi Zona Biru  antara lain adalah Sardinia, Italia; Okinawa, Jepang; Loma Linda, Kalifornia; Semenanjung Nicoya di Kosta Rika, dan Ikaria, Yunani. 

Deretan Negara yang Ternyata Penduduknya Paling Cepat Meninggal Dunia

Lansia Angkat Beban

Photo :
  • vstory

Nah, yang terbaru, negara tetangga kita dinobatkan menjadi Zona Biru, yaitu Singapura, yang memiliki jumlah penduduk yang mencapai usia 100 dua kali lipat dalam dekade terakhir. Dan sejak tahun 1960, angka harapan hidup di Singapura meningkat sekitar 20 tahun.

Pameran Festival PPKL, MIND ID Paparkan Upaya Jaga Lingkungan

Rekan National Geographic Dan Buettner, penulis “The Blue Zones Secrets for Living Longer: Lessons From the Healthiest Places on Earth,” berbagi lima pelajaran yang dapat kita pelajari dari Singapura. 

Berikut kelima hal tersebut: 

Tinggal di lingkungan yang aman 

Menulis untuk website resmi Blue Zones, Buettner merekomendasikan untuk memilih lingkungan di kota yang aman dengan jalanan yang terang dan tidak ada coretan. Kenali tetangga kamu setidaknya tiga pintu di kedua sisi.

Ketahui nilai-nilai yang kamu miliki dan jalani nilai-nilai itu 

Buettner merekomendasikan untuk mencari tahu apa yang penting bagi kamu dan menyesuaikan gaya hidup itu agar sesuai dengan nilai-nilai ini. 

Misalnya, seseorang yang senang bekerja dengan tangannya sebaiknya tidak mengambil pekerjaan kantoran atau yang menghargai keluarga harus tinggal dekat dengan mereka. 

Temukan komunitas

Terlibatlah dalam komunitas dengan bergabung di gereja atau organisasi keagamaan lainnya, menonton pertandingan olahraga bersama teman, atau menghabiskan waktu bersama keluarga untuk merasa “lebih aman,” saran Buettner.

Kesehatan 

Mendapatkan asuransi kesehatan yang baik dapat menghilangkan salah satu penyebab stres utama dalam hidup, mengetahui bahwa kamu tak perlu risau dan akan mendapat dukungan jika kamu sakit.

Ingat, kata Buettner, kehidupan yang bahagia adalah kehidupan yang sehat. 

Keamanan keuangan 

"Jika status, keamanan finansial, dan rasa pencapaian penting bagi kamu, maka kamu harus menghasilkan uang sebanyak yang Anda bisa," kata Buettner, 

Buettner mencatat bahwa masyarakat Singapura juga lebih memilih berjalan kaki dan naik transportasi umum daripada mengemudi, memprioritaskan pola makan sehat, dan menghabiskan waktu dan uang untuk merawat orang lanjut usia. 

Singapura

Photo :
  • Pixabay/ sasint

Warga Singapura juga mendapat keringanan pajak jika orang tua mereka yang lanjut usia tinggal bersama atau dekat dengan mereka, jelas Buettner. 

Ia menunjukkan bahwa, tidak seperti Zona Biru lainnya, Zona Biru di Singapura “direkayasa.” “Mereka secara nyata telah memberikan hasil yang kita inginkan,” katanya dalam video Fortune.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya