Apa Itu Hamas dan Apa yang Mereka Inginkan?

VIVA Militer: Kelompok Hamas Palestina merebut tank Merkava militer Israel
Sumber :
  • aljazeera.com

VIVA Dunia – Hamas, yang memerintah Jalur Gaza sejak 2007, melancarkan serangan di wilayah Israel pada akhir 7 Oktober 2023, menewaskan ratusan orang dan menyandera lainnya. Pelanggaran perbatasan yang belum pernah terjadi sebelumnya mengirim pejuang ke dalam komunitas perbatasan dan instalasi militer, mengejutkan Israel dan sekutunya, dan menimbulkan pertanyaan tentang kemampuan dan strategi kelompok tersebut.

Protes Meluas di Universitas Spanyol, Mahasiswa Minta Putus Hubungan dengan Israel

Apa Itu Hamas?

Kelompok ini didirikan pada tahun 1987 oleh Sheikh Ahmed Yassin, seorang pengungsi Palestina yang tinggal di Gaza, selama intifada pertama, atau pemberontakan, yang ditandai dengan protes luas terhadap pendudukan Israel.

Terima Ancaman, Badan Bantuan PBB untuk Palestina Tutup Kantornya di Yerusalem Timur

VIVA Militer: Pasukan Hamas Palestina menggunakan senjata buatan Korea Utara

Photo :
  • parstoday.com

Hamas adalah akronim bahasa Arab untuk Gerakan Perlawanan Islam, dan merupakan pengakuan atas akar dan ikatan awal kelompok tersebut dengan salah satu kelompok Sunni paling terkemuka di dunia, Ikhwanul Muslimin, yang didirikan di Mesir pada tahun 1920-an.

Amerika: Pasukan Israel Takkan Mampu Habisi Hamas!

Kelompok ini telah bersumpah untuk memusnahkan Israel dan bertanggung jawab atas banyak bom bunuh diri dan serangan mematikan lainnya terhadap warga sipil dan tentara Israel.

Departemen Luar Negeri AS telah menetapkan Hamas sebagai kelompok teroris pada tahun 1997. Uni Eropa dan negara-negara Barat lainnya juga menganggapnya sebagai organisasi teroris.

Hamas memenangkan pemilu parlemen tahun 2006 dan pada tahun 2007 dengan kekerasan merebut kendali Jalur Gaza dari Otoritas Palestina yang diakui secara internasional. Otoritas Palestina, yang didominasi oleh gerakan Fatah, mengelola wilayah semi-otonom di Tepi Barat yang diduduki Israel.

Israel menanggapi pengambilalihan Hamas dengan blokade di Gaza, membatasi pergerakan orang dan barang masuk dan keluar wilayah tersebut dalam sebuah langkah yang menurut mereka diperlukan untuk mencegah kelompok tersebut mengembangkan senjata. Blokade tersebut telah menghancurkan perekonomian Gaza, dan warga Palestina menuduh Israel melakukan hukuman kolektif.

Selama bertahun-tahun, Hamas mendapat dukungan dari negara-negara Arab dan Muslim, seperti Qatar dan Turki. Baru-baru ini, mereka bergerak lebih dekat ke Iran dan sekutu-sekutunya.

Baru ini, Presiden Turki Erdogan dengan tegas mengatakan bahwa Hamas bukanlah kelompok teroris tetapi “mujahidin” yang membela tanah air mereka. "Israel dapat memandang Hamas sebagai organisasi teroris, sama seperti Barat,” kata Erdogan, berbicara di depan pertemuan faksi Partai AK di parlemen.

"Barat berutang banyak pada Anda. Tapi Turki tidak berutang apa pun kepada Anda. Hamas bukanlah organisasi teroris, ini adalah sekelompok mujahidin yang mempertahankan tanah mereka,” katanya

Siapa Pemimpin Hamas?

Brigade Al-Qassam, Sayap Militer Hamas Palestina

Photo :
  • AP Photo

Pendiri dan pemimpin spiritual Hamas, Yassin, seorang pria lumpuh yang menggunakan kursi roda, menghabiskan waktu bertahun-tahun di penjara Israel dan mengawasi pembentukan sayap militer Hamas, yang melakukan serangan bunuh diri pertamanya pada tahun 1993.

Pasukan Israel telah menargetkan para pemimpin Hamas selama bertahun-tahun, membunuh Yassin pada tahun 2004.

Khaled Mashaal, seorang anggota Hamas di pengasingan yang selamat dari upaya pembunuhan Israel sebelumnya, segera menjadi pemimpin kelompok tersebut.

Yehia Sinwar, di Gaza, dan Ismail Haniyeh, yang tinggal di pengasingan, adalah pemimpin Hamas saat ini. Mereka menyelaraskan kembali kepemimpinan kelompok tersebut dengan Iran dan sekutunya, termasuk Hizbullah Lebanon. Sejak itu, banyak pemimpin kelompok tersebut pindah ke Beirut.

Apa yang Diingankan Hamas?

Hamas selalu mendukung kekerasan sebagai cara untuk membebaskan wilayah Palestina yang diduduki dan menyerukan pemusnahan Israel.

Hamas telah melakukan bom bunuh diri dan selama bertahun-tahun menembakkan puluhan ribu roket yang semakin kuat dari Gaza ke Israel. Mereka juga membangun jaringan terowongan yang membentang dari Gaza ke Mesir untuk menyelundupkan senjata, serta terowongan penyerangan yang masuk ke Israel.

Dalam beberapa tahun terakhir, Hamas tampaknya lebih fokus mengelola Gaza dibandingkan menyerang Israel.

Mengapa Baru Menyerang Sekarang?

VIVA Militer: Pejuang Hamas Palestina

Photo :
  • timesofisrael.com

Dalam beberapa tahun terakhir, Israel telah membuat perjanjian damai dengan negara-negara Arab tanpa harus memberikan konsesi dalam konfliknya dengan Palestina. AS baru-baru ini berusaha menjadi perantara kesepakatan antara Israel dan Arab Saudi, yang merupakan rival sengit para pendukung Hamas di Iran.

Sementara itu, pemerintahan sayap kanan Israel yang baru berupaya memperkuat permukiman Israel di Tepi Barat meskipun ada tentangan dari Palestina.

Para pemimpin Hamas mengatakan tindakan keras Israel terhadap militan di Tepi Barat, berlanjutnya pembangunan pemukiman, yang oleh masyarakat internasional dianggap illegal, ribuan tahanan di penjara-penjara Israel, dan blokade yang sedang berlangsung di Gaza mendorong mereka untuk melakukan serangan.

Para pemimpinnya mengatakan ratusan dari 40.000 pejuangnya ambil bagian dalam serangan tersebut. Israel mengatakan kelompok itu memiliki sekitar 30.000 pesawat tempur dan persenjataan roket, termasuk beberapa yang memiliki jangkauan sekitar 250 kilometer (155 mil), dan pesawat tak berawak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya