Ini Alasan Mesir ‘Segan’ Buka Perbatasan dengan Gaza

Truk-truk bermuatan bantuan kemanusiaan bersiap memasuki Gaza di sisi Mesir dari perbatasan Rafah yang menyeberang dengan Gaza pada 21 Oktober 2023.
Sumber :
  • Antara Photo/Xinhua/Ahmed Gomaa.

VIVA Dunia – Kini Mesir telah membuka perbatasan dengan Gaza, tetapi sebelumnya banyak pihak mengkritik Mesir dan Presidennya, Abdel Fattah El-Sisi, karena tidak membuka perbatasannya dengan Palestina sejak pemboman Israel dimulai sebagai tanggapan atas amukan Hamas pada 7 Oktober lalu.

Hamas Tegaskan Terus Serang Israel dari Lebanon Selatan

Dilansir dari The Guardian, Kamis, Jumat, 3 November 2023, pembukaan ini dimaksudkan untuk mengevakuasi korban luka akibat gempuran Israel di wilayah itu serta menjadi jalan keluar bagi warga asing yang masih berada di Gaza.

Pengungsi Palestina mengantre untuk masuk perbatasan Rafah, Mesir.

Photo :
  • AP Photo/Fatima Shbair.
Aksi Solidaritas untuk Palestina di AS Dapat Apresiasi dari Warga Gaza

Namun pembukaan ini masih terbatas. Pasalnya, Mesir khawatir adanya gelombang pengungsi Palestina ke wilayahnya di Semenanjung Sinai.

“Kami siap mengorbankan jutaan nyawa untuk memastikan tidak ada orang yang melanggar batas wilayah kami," kata Perdana Menteri Mesir, Mostafa Madbouly, awal pekan ini.

Parlemen Arab Desakkan Investigasi Internasional Kejahatan Israel di Gaza

Negosiasi mengenai pembebasan warga Palestina yang terluka dan beberapa warga negara asing terkait erat dengan aliran bantuan dari Mesir ke Gaza melalui jalur yang sama. Pembukaan ini dimediasi langsung oleh Qatar dan Amerika Serikat (AS).

Presiden Mesir mengatakan bahwa dunia tidak boleh memaafkan penggunaan penderitaan manusia untuk memaksa orang mengungsi.

"Mesir telah menegaskan, dan menegaskan kembali, penolakan kerasnya terhadap pemindahan paksa warga Palestina dan pemindahan mereka ke tanah Mesir di Sinai, karena ini akan menandai akhir dari likuidasi perjuangan Palestina," pungkasnya dalam pertemuan puncak perdamaian di Kairo pada tanggal 21 Oktober lalu.

Data rahasia pemerintahan Israel disebut menunjukkan bahwa salah satu rencana untuk mengusir puluhan ribu warga Palestina ke Sinai untuk sementara. Warga Palestina takut terulangnya apa yang mereka sebut Nakba, atau malapetaka saat adanya pengusiran 700.000 warga Palestina pada tahun 1948 setelah berdirinya Israel.

VIVA Militer: Presiden Mesir, Abdel Fatah el-Sisi

Photo :
  • Al-Monitor

Tampaknya Mesir juga tidak ingin mengulangi pengalaman Lebanon dan Yordania, yang telah menampung pengungsi Palestina selama beberapa dekade. Sisi menganggap menempatkan 1 juta warga Palestina di kamp-kamp di negaranya sebagai sebuah risiko politik yang tidak layak untuk diambil.

Bahkan referensi mengenai eksodus massal membuat Sisi gelisah. Outlet berita Mada Masr yang berbasis di Kairo ditangguhkan selama enam bulan dan dirujuk ke jaksa agung setelah memuat laporan tentang apa yang dikatakannya sebagai rencana pemindahan warga Palestina dari Gaza ke Sinai.

"Kekhawatiran Mesir adalah bahwa aliran air yang mengalir saat ini akan berubah menjadi longsoran salju: Sisi telah mengumpulkan banyak tank di sisi perbatasan Mesir untuk mencegah kejadian seperti itu," tulis editor diplomatik Guardian, Patrick Wintour.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken.

Photo :
  • AP-Yonhap

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, yang dijadwalkan tiba di wilayah tersebut. jelas berharap bahwa aliran warga asing yang meninggalkan Gaza akan terus berlanjut dan hal ini mungkin mengarah pada pembebasan lebih banyak sandera, aliran bantuan yang lebih besar, dan bahkan jeda kemanusiaan.

PBB mengatakan pada hari Selasa bahwa 59 truk yang membawa air, makanan dan obat-obatan telah memasuki Gaza melalui Rafah, konvoi terbesar sejak pengiriman bantuan dilanj

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya