Segini Gaji Benjamin Netanyahu, PM Israel yang Tolak Gencatan Senjata

VIVA Militer: Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu
Sumber :
  • euractiv.com

VIVA TrendingBenjamin Netanyahu yang merupakan Perdana Menteri atau PM Israel kini menjadi sorotan di tengah konflik yang sedang bergejolak. Ia melakukan penolakan gencatan senjata dalam perang yang terjadi antara Israel dan Hamas atau Palestina.

PM Muslim Pertama Skotlandia Mundur dari Jabatan Usai Kirim Bantuan ke Gaza

Hal lain yang menjadikan Benjamin Netanyahu menjadi sosok yang menarik perhatian dunia atas konflik perang Israel dan Palestina. Terlebih, dirinya menjadi perdana menteri dengan masa jabatan terlama.

VIVA Militer: Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu

Photo :
  • Foreign Policy
Joe Biden Dikecam karena Diam Saat Israel Menghadapi Ancaman Surat Perintah Penangkapan

Sebab, saat kebanyakan pemimpin pemerintahan hanya dibatasi dua periode jabatan, Netanyahu yang menduduki posisi sebagai Ketua Partai Likud telah tiga kali menjabat PM Israel.

Netanyahu betah menempati jabatan “empuk” sebagai PM Israel. Hal ini disinyalir besarnya gaji ‘elite’ yang diterima Netanyahu.

Israel Ketar-ketir ICC Terbitkan Surat Penangkapan Netanyahu

Melansir dari berbagai sumber, meski dirinya belum melengkapi mengenai laporan harta kekayaannya, tapi dalam catatan Forbes tertulis harta Netanyahu sudah melebihi angka USD10 juta atau setara dengan Rp 156 miliar.

Gaji PM Israel Benjamin Netanyahu

Dilansir dari Times of Israel, Jumat, 3 November 2023,  gaji yang diterima dirinya sebagai PM Israel berkisar 64.700 shekel atau USD19.000 atau setara dengan Rp 300 juta per bulan.

Tentu saja, jumlah tersebut jauh lebih besar ketimbang gaji Presiden RI. Dalam Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan Administratif Presiden dan Wakil Presiden, gaji Presiden RI ditetapkan sebesar 6 kali gaji pokok tertinggi pejabat negara selain presiden dan wakil presiden.

VIVA Militer: PM Israel Benjamin Netanyahu

Photo :

Diketahui, gaji pejabat tertinggi negara selain presiden dan wakil presiden sebesar Rp5.040.000 per bulan yang merupakan gaji untuk pejabat tinggi negara setingkat Ketua DPR dan Ketua MPR.

Hal ini menjadikan gaji Presiden RI dapat mencapai Rp 30,24 juta atau penghitungannya yakni 6 x Rp5,04 juta per bulan. Namun, jumlah tersebut belum termasuk besaran tunjangan presiden ditetapkan sebesar Rp 32,5 juta per bulan.

PM Israel dengan Gaya Hidup Borjuis

Di negaranya, PM Israel Benjamin Netanyahu dikenal sebagai pemimpin bergaya hidup borjuis. Bahkan, gajinya pun kerap dibelanjakan untuk sekadar perawatan tempat tinggalnya di Yerusalem, termasuk hotel mewah di tepi pantai saat tengah berlibur.

PM Netanyahu dan sang istri, Sara pun sempat menjadi bahan gunjingan media Israel pada 2003 lalu. Di mana, terungkap adanya anggaran belanja tahunan sebesar 10 ribu shekels atau setara dengan USD 2,565 (Rp 33,6 juta) untuk pembelian es krim di rumahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya