Pertemuan OKI, Jokowi Soroti RS Indonesia yang Terus Digempur Israel

Presiden Jokowi menghadiri KTT Luar Biasa OKI di Riyadh, Arab Saudi
Sumber :
  • Setpres

Riyadh – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyoroti Rumah Sakit Indonesia yang berada di Gaza, yang terus-menerus menjadi target sasaran tentara Israel. Dalam pidatonya pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), Jokowi mengungkapkan kondisi Rumah Sakit Indonesia di Gaza.

Jokowi Sahkan UU DKJ, Heru Budi: Itu yang Terbaik untuk Jakarta

"Situasi kemanusiaan juga sangat memprihatinkan, Rumah Sakit Indonesia di Gaza Utara terus menjadi sasaran serangan Israel. (Rumah Sakit Indonesia) sudah kehabisan bahan bakar," kata Jokowi dikutip pada Minggu, 12 November 2023.

Oleh sebab itu, Jokowi meminta semua pihak untuk menghormati hukum Humaniter Internasional.

Jokowi Ajak PM Singapura Lee Jadi Pengembang Kawasan Industri Halal di Tiga Daerah RI

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Israel kembali melakukan serangan udara ke daerah sekitar Rumah Sakit Indonesia di Bait Lahiya, pada Kamis malam, 9 November 2023.

Sasaran roket Israel diketahui berpusat ke daerah Taliza'tar yang lokasinya sangat dekat dengan Rumah Sakit Indonesia, sehingga mengalami sejumlah kerusakan fisik tambahan.

Ancam Israel, Jenderal Ali Belali Tunjukkan Deretan Senjata Pemusnah Iran

"Indonesia sekali lagi mengutuk serangan-serangan biadab terhadap warga dan obyek sipil, khususnya fasilitas-fasilitas  kemanusiaan di Gaza," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Lalu Muhamad Iqbal.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Presiden RI Jokowi.

Photo :
  • Akun X @jokowi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu Presiden Palestina Mahmoud Abas di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Pertemuan dua pemimpin negara itu terjadi di King Abdul Aziz International Convention Center (KAICC), Riyadh, Arab Saudi, Sabtu, 11 November 2023.

Dalam foto yang dibagikan Biro Pers Sekretariat Presiden RI, Jokowi mengenakan kemeja putih dibalut jas berwarna biru dongker. Eks Wali Kota Solo itu terlihat berjabat tangan dengan Mahmoud yang mengenakan kemeja putih berbalut jas hitam dan dasi berwarna ungu.

Dalam pertemuan singkat itu, Jokowi tampak menyampaikan keprihatinan atas peristiwa kemanusian di Palestina. Jokowi juga terlihat bersalaman dan langsung merangkul Presiden Mahmoud. Setelah itu, Presiden Mahmoud tampak tersenyum.

Sementara, Jokowi mendorong Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk bersatu dan menggunakan semua pengaruhnya secara damai untuk berada di garda terdepan dalam penyelesaian krisis di Gaza, Palestina. 

Demikian disampaikan oleh Presiden Jokowi saat berbicara pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) yang digelar di King Abdulaziz International Convention Center (KAICC), Riyadh, Arab Saudi, Sabtu, 11 November 2023.

Presiden Jokowi mendukung penyelenggaraan KTT OKI yang dinilai sangat tepat untuk dilakukan pada masa krisis seperti ini. Jokowi meminta OKI harus mampu menghasilkan hal konkret agar kekejaman Israel di Gaza dapat segera dihentikan.

"Satu bulan telah terjadi kekejaman ini dunia seolah benar-benar tidak berdaya. Lebih dari 7,9 miliar penduduk dunia, lebih dari 190 pimpinan negara, tapi sampai saat ini tak satu pun mampu hentikan kekejaman ini," kata Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya