Indonesia Kembali Dinobatkan Jadi Negara Paling Dermawan di Dunia

Ilustrasi perempuan bahagia.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Dunia – World Giving Index (WGI), melalui Charity Aid Foundation atau CAF kembali menerbitkan laporan tahunan mereka, yaitu daftar negara paling dermawan di dunia.

Syekh Abu Al Sebaa, Seorang Dermawan Penyedia Makan Gratis untuk Jemaah Umrah Meninggal Dunia

World Giving Index menawarkan wawasan unik tentang bagaimana masyarakat terlibat dalam kegiatan sosial demi kepentingan komunitas dan untuk memperjuangkan pertumbuhan kegiatan memberi secara global. "Eksistensi kemurahan hati dan masyarakat sipil merupakan hal yang konstan di semua masyarakat," tulis mereka. 

Pertama kali diterbitkan setelah krisis keuangan global pada tahun 2010, penelitian jangka panjang ini telah memberikan masyarakat kesempatan untuk melihat ruang lingkup dan sifat dermawan di seluruh dunia.

Dicky Chandra Daftar Bakal Calon Wali Kota Tasikmalaya dari PPP, Ngakunya Spontan

Ilustrasi Berbagi

Photo :
  • ist

Pada tahun 2023, negara Indonesia menempati posisi pertama dengan skor tertinggi, yaitu indeks 68. "Indonesia adalah negara paling dermawan di dunia selama enam tahun berturut-turut," tulis World Giving Index 2023 melalui Cafonline.org, dilansir Senin, 20 November 2023. 

DPRD Kota Denpasar Apresiasi Capaian Kinerja LKPJ Wali Kota Tahun 2023

Survei tersebut dikumpulkan oleh salah satu konsultan terkemuka di dunia bernama Gallup Inc sejak 2009.

Analisis data untuk laporan WGI 2023 dilakukan berdasarkan jajak pendapat secara global yang melibatkan 147.186 responden untuk menggambarkan kondisi kedermawanan di berbagai penjuru dunia selama tahun 2022.

Dalam WGI, ada tiga kategori penilaian, yaitu kategori menyumbang uang, partisipasi dalam kerelawanan, dan membantu orang asing

Setelah Indonesia, negara yang kini tengah berperang bersama Rusia, yaitu Ukraina menempati posisi kedua. Ada pula negara dari Afrika Selatan, Eropa dan Asia. 

Berikut daftar 10 negara paling dermawan di dunia: 

Indonesia 

Ukraina 

Kenya 

Liberia 

Amerika Serikat 

Myanmar 

Kuwait 

Kanada 

Nigeria 

Selandia Baru

Warga berolahraga pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Jalan Inspeksi BKT, Jakarta, Minggu (12/7/2020). (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Selain itu, ada pula kategori negara yang paling tidak dermawan di dunia. Berikut daftarnya:

Polandia

Kroasia

Yaman

Jepang

Yunani

Afghanistan

Kamboja

Lebanon

Vietnam

Bulgaria

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya