Ini Alasan Israel Tangkap Direktur RS Al Shifa

Mohammad Abu Salamiya, Direktur Rumah Sakit Al-Shifa di Gaza
Sumber :
  • Al Jazeera

Gaza – Militer Israel mengkonfirmasi pada Kamis, 23 November 2023, bahwa direktur Rumah Sakit Al Shifa di Jalur Gaza telah ditahan untuk diinterogasi atas bukti bahwa fasilitas tersebut telah digunakan sebagai pusat komando dan kendali Hamas.

Geger Ratusan Tawon Serang Pasukan Israel di Gaza, Belasan Tentara Terluka

Militer mengatakan Dr Muhammad Abu Salamiyah bertanggung jawab atas tempat tersebut ketika militan Hamas membangun jaringan infrastruktur militer, dan menyimpan senjata di dalam rumah sakit dan pekarangannya.

“Di rumah sakit, di bawah manajemennya, terdapat aktivitas teroris Hamas yang ekstensif,” katanya dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Alarabiya, Jumat, 24 November 2023.

Permintaan Layanan Kesehatan Melonjak, ICRC Buka RS Lapangan di Rafah

RS Al-Shifa di Gaza Dikepung tentara Israel.

Photo :
  • Acquire Licensing Rights.

Pasukan Israel memasuki kompleks tersebut awal bulan ini dan telah menemukan apa yang mereka katakan sebagai terowongan yang dilengkapi dengan baik serta sejumlah senjata yang menunjukkan bagaimana rumah sakit tersebut digunakan oleh Hamas.

30 Warga Kabupaten Sergai Diduga Keracunan Makanan

Militer tidak memberikan rincian mengenai kondisi penahanannya, namun kementerian kesehatan Palestina mengatakan Abu Salamiyah dan sejumlah dokter ditangkap saat fajar di sebuah pos pemeriksaan di jalan yang menghubungkan Gaza utara dengan selatan.

Menteri Kesehatan Palestina, Mai Al-Kayla, mengatakan penangkapan tersebut menunjukkan bahwa Israel melanggar hukum kemanusiaan internasional.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Kepala Departemen Rumah Sakit Al Shifa, Khalid Abu Samra, mengatakan bahwa direktur RS tersebut dan beberapa dokter lainnya ditangkap oleh tentara Israel.

"Dokter Mohammad Abu Salmiya ditangkap bersama beberapa dokter senior lainnya,” tutup Khalid.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya