5 Negara Ini Bakal Jadi Sekutu Indonesia Jika Perang Dunia ke-3

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi kuliah umum di Georgetown University
Sumber :
  • Setpres

Jakarta – Indonesia adalah sebuah negara yang masuk ke dalam wilayah Asia Tenggara dan memiliki sejarah panjang di antara kekuatan Barat dan kekuatan Timur. Sejak Indonesia berdiri di sisi netral dan sebagian non-blok, tapi di era masing-masing Indonesia bersandar di sisi tersebut. 

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Pada masa Soekarno, Indonesia tampak lebih condong ke Uni Soviet di masa Perang Dingin. Tapi, pada periode berikutnya, Indonesia sedikit condong ke Barat tanpa meninggalkan posisinya sebagai negara non-blok yang mencerminkan nilai seribu teman dan tak ada musuh. 

Sampai saat ini, Indonesia meninggalkan nilai liberal asing yang sebelumnya lebih menjadi pragmatis. Melansir dari DAL International Review, berikut ulasan sejumlah negara sekutu Indonesia mulai dari Palestina hingga Thailand. 

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

1. Palestina

Presiden Jokowi dengan Presiden Palestina

Photo :
  • Kemensetneg
Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Indonesia dikenal sebagai negara pelopor yang pertama kali mengakui kemerdekaan Palestina di PBB pada tahun 2018 (Kemenlu RI di Yordania). Sejak awal, Indonesia telah menunjukkan kepedulian yang besar terhadap perjuangan Palestina. 

Indonesia berdiri bersama dalam solidaritas melawan Israel, Amerika Serikat, dan pendukung mereka di Liga Arab. Meskipun beberapa anggota Liga Arab lainnya menunjukkan keinginan untuk normalisasi hubungan dengan Israel. 

Indonesia memilih untuk menolak proposal normalisasi yang diajukan oleh Amerika Serikat, yang pada gilirannya semakin memperkuat hubungan diplomatik antara Indonesia dan Palestina. Oleh karena itu, pantas jika Palestina dianggap sebagai negara sekutu Indonesia.

VIVA Militer: MBS

Photo :
  • MBS

Arab Saudi mencatatkan sekitar 10,3% dari PDB mereka dari sektor perjalanan dan pariwisata pada tahun 2019, di mana Indonesia menjadi pengunjung terbesar ke-4 dengan kontribusi sebesar 8% dari total pengunjung global. 

Hubungan bilateral antara Indonesia dan Arab Saudi didasarkan pada ikatan hubungan Islam dan keanggotaan keduanya dalam Liga Arab dan Organisasi Kerjasama Islam, memberikan peluang untuk membangun agenda bersama, terutama dalam hal geopolitik. 

Kunjungan sejarah Sultan Arab Saudi ke Indonesia pada Maret 2017 menjadi bukti nyata akan kedekatan hubungan ini, yang membuat Arab Saudi diakui sebagai negara sekutu Indonesia.

Presiden RI, Joko Widodo bertemu dengan Presiden China, Xi Jinping.

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden.

Sejak kebangkitan ekonomi China, Indonesia telah menjadi salah satu negara yang paling menarik bagi investasi China. Presiden Joko Widodo aktif dalam forum Inisiatif One Belt, One Road (OBOR) China sejak masa jabatannya pada tahun 2017.

China bukan hanya mitra dagang terbesar Indonesia dengan total perdagangan mencapai US$72,89 miliar, tetapi juga menjadi investor terbesar kedua di Indonesia dengan investasi mencapai US$4,7 miliar, melampaui kontribusi Jepang

Meskipun merek-merek smartphone China seperti Oppo dan Xiaomi mendominasi pasar Indonesia dengan pangsa pasar 45%, mengungguli Samsung dari Korea Selatan, hubungan antara Indonesia dan China mencakup lebih dari sekadar sektor teknologi.

4. Jepang

Presiden Jokowi terima kunjungan kenegaraan Kaisar Jepang Naruhito

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Diketahui bahwa pada masa Perang Dunia II, Indonesia merupakan salah satu wilayah yang dijajah oleh Jepang. Setelah perang berakhir, Indonesia dan Jepang menjalin perjanjian damai pada tahun 1958, mengembalikan hubungan bilateral kedua negara tersebut. 

Tokoh sentral yang mempererat hubungan ini adalah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Kedutaan Besar Jepang di Indonesia juga mengkonfirmasi bahwa SBY adalah inisiator dari forum kerjasama investasi yang dikenal sebagai IJEPA (Perjanjian Kemitraan Ekonomi Indonesia-Jepang).

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan) berfoto bersama Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong (kedua kiri) dan istri Ho Ching di lokasi pembukaan KTT ke-43 ASEAN.

Photo :
  • Media Center KTT ASEAN 2023.

Sementara itu, Singapura telah menjalin hubungan diplomatik yang panjang dengan Indonesia. Keterkaitan ini semakin diperkuat setelah kunjungan terakhir Presiden Singapura, Halimah Yacob, ke Presiden Indonesia saat ini, Joko Widodo, di Bogor pada Februari 2020. 

Oleh karena itu, Singapura dapat dianggap sebagai sekutu bagi Indonesia. Hubungan antara Singapura dan Indonesia ditandai oleh kerja sama ekonomi bilateral yang kuat, di mana Singapura menjadi mitra dagang terbesar ketiga bagi Indonesia dengan nilai mencapai US$30,51 miliar dan menjadi investor terbesar dengan nilai mencapai US$6,5 miliar. 

Menurut World Travel & Tourism Council (2020), Indonesia juga menduduki peringkat kedua sebagai pengunjung terbanyak ke Singapura, menyumbang 17% dari total pengunjung, hanya kalah dari China yang mencapai 21%.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya