Hamas Bebaskan Sandera Israel Paling Muda, Berusia 4 Tahun

Abigail Mor Edan sandera Hamas yang berusia 4 tahun
Sumber :
  • CBS News

VIVA Dunia – Abigail Mor Edan, warga negara AS termuda yang ditahan oleh Hamas, termasuk di antara kelompok sandera yang dibebaskan kembali ke Israel pada hari Minggu, baik Presiden Biden maupun militer Israel mengonfirmasi.

Hamas Tegaskan Terus Serang Israel dari Lebanon Selatan

Abigail, yang orang tuanya terbunuh dalam serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober, berusia 4 tahun pekan lalu saat disandera. Dia diculik dan dibawa ke daerah kantong Palestina selama serangan mematikan tersebut bersama dengan sekitar 240 orang lainnya, menurut pejabat Israel, melansir CBS News, Selasa, 28 November 2023.

Namanya muncul dalam daftar sandera yang sebelumnya Hamas katakan akan dibebaskan pada hari Minggu, kata Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani kepada moderator “Face the Nation” Margaret Brennan.

Aksi Solidaritas untuk Palestina di AS Dapat Apresiasi dari Warga Gaza

Abigail Mor Edan sandera Hamas yang berusia 4 tahun

Photo :
  • CBS News

Pembebasan sandera pada hari Minggu pekan lalu merupakan lanjutan dari dua gelombang pembebasan sebelumnya yang bergantung pada kesepakatan dengan Israel yang akan membebaskan sedikitnya 50 perempuan dan anak-anak yang ditawan di Gaza, serta pembebasan sekitar 150 perempuan dan remaja Palestina yang dipenjara di Israel.

Parlemen Arab Desakkan Investigasi Internasional Kejahatan Israel di Gaza

Persyaratan tersebut juga mencakup perjanjian gencatan senjata sementara yang akan memungkinkan bantuan kemanusiaan memasuki Gaza dan warga Palestina yang terlantar dapat kembali ke rumah mereka di bagian utara wilayah tersebut sesuai kebijaksanaan mereka.

Jeda pertempuran disepakati berlangsung selama empat hari – dengan hari Minggu menjadi hari ketiga – meskipun Israel menyatakan bersedia memperpanjang gencatan senjata satu hari untuk setiap 10 sandera tambahan yang dibebaskan oleh Hamas.

Tujuh belas sandera, termasuk Abigail, dibebaskan oleh Hamas pada hari Minggu. Empat belas di antaranya adalah warga negara Israel dan tiga warga negara asing, kata pejabat Israel. Abigail memegang kewarganegaraan di Israel dan AS.

Foto terbaru yang dirilis menunjukkan dia tersenyum saat dia duduk bersama bibi dan pamannya di rumah sakit tempat dia dirawat di Israel.

Presiden Biden berbicara tentang pembebasan Abigail dalam pidatonya yang disiarkan televisi pada hari Minggu.

“Dia bebas dan sekarang berada di Israel,” kata Biden, seraya menambahkan bahwa Abigail “telah melalui trauma yang parah.” Ibu anak tersebut dibunuh di hadapannya oleh militan Hamas sebelum ayahnya juga ditembak mati saat menggunakan tubuhnya untuk melindungi Abigail dari serangan tersebut. Abigail kemudian berlari ke tetangga untuk meminta bantuan, kata Biden.

Abigail Mor Edan sandera Hamas yang berusia 4 tahun

Photo :
  • CBS News

“Apa yang dia alami sungguh tidak terpikirkan,” katanya.

Bibi buyut Abigail, Liz Hirsh Naftali, dan sepupunya, Noa Naftali, mengatakan dalam sebuah pernyataan hari Minggu, "Kami berharap dan berdoa hari ini akan tiba. Tidak ada kata-kata yang dapat mengungkapkan kelegaan dan rasa syukur kami karena Abigail selamat dan bisa pulang."

Mereka berterima kasih kepada Presiden Biden dan pemerintah Qatar, dan menambahkan, "Pembebasan hari ini membuktikan bahwa hal itu mungkin terjadi. Kita bisa memulangkan semua sandera. Kita harus terus berusaha."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya