Obama Undang Para Pemimpin Asia Tenggara

Barack Obama usai menandatangani UU Pemulihan dan Investasi
Sumber :
  • AP Photo/Darin McGregor

VIVAnews - Presiden Barack Obama akan mengundang para kepala negara Asia Tenggara untuk menghadiri pertemuan di Washington, Amerika Serikat (AS), akhir tahun ini.

Demikian disampaikan Menteri Luar Negeri AS, Hillary Clinton, saat berpidato di hadapan 27 anggota forum dialog keamanan Asean Regional Forum, Jumat, 23 Juli 2010.

"Presiden Obama berencana mengundang para pemimpin ASEAN untuk hadir dalam pertemuan kepala negara AS-ASEAN di AS musim gugur mendatang," kata Clinton.

Pertemuan di Washington tersebut akan digelar menyusul pertemuan Obama dengan mitra AS dari ASEAN tahun lalu di Singapura.

"Kami lihat ASEAN dan ASEAN Regional Forum (ARF) sebagai bagian penting bagi kemakmuran, keamanan yang kuat dan efektif di Asia. Jadi, kami mendukung institusi ini dan akan bekerja lebih dekat dengan mereka," terang Clinton, seperti dikutip dari laman Straits Times.

Sebelumnya, para menteri luar negeri ASEAN telah sepakat mengundang AS dan Rusia untuk bergabung dalam forum dialog penting di kawasan yang disebut East Asia Summit (EAS).

Pengamat sebut Hadirnya Anies dan Muhaimin di KPU Beri Legitimasi Hasil Pemilu

Para menlu mengatakan, keikutsertaan AS dan Rusia akan membantu menyeimbangkan dominasi bangkitnya kekuatan Asia, China.

Clinton juga mengatakan bahwa Obama tidak akan hadir dalam forum East Asia Summit pada Oktober mendatang. Clinton akan menggantikan kehadiran Obama. Sedangkan dalam forum yang sama tahun depan, Obama akan hadir.

Forum EAS terdiri atas sepuluh anggota ASEAN plus China, Jepang, Korea Selatan, Australia, India, dan Selandia Baru. Dalam pertemuan tersebut, mereka mendiskusikan isu-isu global yang mempengaruhi kawasan seperti terorisme, perubahan iklim, energi, dan ketahanan pangan. (hs)

Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto, dan Gibran Rakabuming Raka, menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu malam, 24 April.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024