Israel Marah, Tuduh PBB Bela Hamas

Ilustrasi Dewan Keamanan PBB (sumber: wikimedia)
Sumber :
  • vstory

VIVA Dunia – Menteri luar negeri Israel Eli Cohen, dengan reaksi marah, menuduh Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mendukung kelompok teror Palestina Hamas, menyerukan pengunduran dirinya, dan mengatakan masa jabatannya sebagai ketua badan dunia tersebut adalah “bahaya bagi perdamaian dunia”.

Komisaris HAM PBB Kecam Perihal Hukum yang Mewajibkan Hijab di Iran

Hal ini karena Gutters menyatakan gencatan senjata segera dalam perang antara Israel dan Hamas dan permohonannya terhadap klausul langka dalam piagam PBB untuk mendesak intervensi Dewan Keamanan.

Eli Cohen mengatakan seruan Guterres untuk melakukan gencatan senjata dalam perang dua bulan di Gaza, yang dipicu oleh serangan Hamas pada 7 Oktober di Israel selatan, “Itu merupakan dukungan untuk organisasi teror Palestina dan merupakan dukungan terhadap pembunuhan orang lanjut usia, orang-orang lanjut usia, dan orang-orang yang lebih tua, penculikan bayi, dan pemerkosaan terhadap perempuan,” ujarnya, dilansir Times of Israel, Kamis 7 Desember 2023.

Prabowo Suarakan Solidaritas untuk Palestina, Soroti Standar Ganda Negara Barat

VIVA Militer: Menteri Luar Negeri Israel, Eli Cohen

Photo :
  • jta.org

Guterres telah berulang kali menyerukan gencatan senjata dalam perang yang sedang berlangsung, dan pada hari Rabu ia menulis kepada Dewan Keamanan yang beranggotakan 15 negara berdasarkan Pasal 99 Piagam PBB untuk pertama kalinya sejak ia memimpin badan dunia yang beranggotakan 193 negara itu pada tahun 2017.

Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

Ini juga merupakan pertama kalinya Sekretaris Jenderal memanfaatkan hal ini sejak tahun 1989. Pasal tersebut memungkinkan Sekretaris Jenderal untuk menyampaikan kepada Dewan Keamanan mengenai masalah apa pun yang menurutnya mengancam perdamaian dan keamanan internasional.

Cohen men-tweet tanggapan yang marah, menulis bahwa masa jabatan Guterres sebagai ketua PBB adalah “bahaya bagi perdamaian dunia.”

“Siapapun yang mendukung perdamaian dunia harus mendukung pembebasan Gaza dari Hamas,” kata Cohen dalam tweet-nya.

Sekjen PBB, Antonio Guterres.

Photo :
  • AP Photo/Hadi Mizban.

Seperti diketahui, Israel telah berjanji untuk menghancurkan Hamas dan mengejar para pemimpinnya di Gaza dan tempat lain. Militer Israel mengatakan pihaknya melakukan upaya untuk menghindari kerugian terhadap warga sipil sambil memerangi teroris yang tertanam dalam populasi sipil di Jalur Gaza.

Duta Besar Israel untuk PBB Gilad Erdan juga mengecam Guterres pada hari Rabu, dan sekali lagi meminta dia untuk mengundurkan diri. Erdan pertama kali menuntut Sekjen PBB untuk mundur sekitar dua minggu setelah serangan Hamas pada tanggal 7 Oktober 2023 ketika Guterres tampaknya menyarankan bahwa pendorong serangan yang menghancurkan tersebut adalah berlanjutnya kendali Israel atas wilayah Palestina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya