8 Negara yang Paling Benci Indonesia, dari Israel Hingga Vanuatu

Peta Indonesia.
Sumber :

Jakarta – Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang tidak terikat pada kelompok-kelompok militer alias non blok, sehingga Indonesia jarang berkonflik dengan negara lain. Hal tersebut diperkuat dengan letak geografis Indonesia yang berada di Asia Tenggara yang dikenal selalu mengambil jalur politik netral dalam berbagai hal. 

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Walaupun demikian, ternyata Indonesia tetap tidak luput dari musuh dan para pembenci. Karena, ada saja negara yang begitu membenci Indonesia. Tentu saja, ada banyak alasan mereka untuk membenci Indonesia, mulai dari masalah keberpihakan dalam perang, ekonomi, sampai ikut campur dalam masalah Papua Barat

Bahkan, kamu jangan merasa kaget karena ada negara tetangga yang sebetulnya membenci Indonesia padahal negara tersebut banyak dihuni oleh masyarakat Indonesia. Beberapa negara tersebut juga tidak menjalin hubungan diplomatik dengan Indonesia. Nah, untuk yang penasaran berikut ulasan selengkapnya yang dilansir dari berbagai sumber. 

Pejabat Israel dan Mesir Bertemu Diam-diam, Bahas Operasi Militer di Rafah

1. Vanuatu

Vanuatu di Kepulauan Pasifik Selatan.

Photo :
  • travelanthropist.com
AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Urutan pertama negara yang paling membenci Indonesia adalah Vanuatu. Negara yang berada di Kepulauan Pasifik yang berdekatan dengan Australia ini merupakan negara pelopor yang mendukung kemerdekaan Papua Barat. Mereka bahkan kerap bersuara dalam forum PBB. 

Diplomat Indonesia, Silvani Pasaribu menuduh Vanuatu memiliki obsesi berlebihan dan tidak sehat terhadap Indonesia karena kerap mencampuri urusan Indonesia dengan Papua Barat. Hampir setiap tahun Vanuatu menyinggung pelanggaran HAM di Papua dalam sidang PBB. 

VIVA Militer: Tentara wanita Israel

Photo :
  • jpost.com

Indonesia selalu menyuarakan perlawanannya terhadap Israel sejak konflik dengan Palestina. Indonesia bahkan melayangkan kutukan atas berbagai tindakan Israel soal konflik perbatasannya dengan Palestina. Mereka bahkan telah dilabeli sebagai penjajah. 

Amerika bahkan sering menawarkan bantuan untuk Indonesia agar membangun hubungan diplomatik dengan Israel, tapi Indonesia dengan tegas menolak. Indonesia lebih memilih untuk mempertahankan solidaritas dengan Liga Arab dan Organisasi Kerjasama Islam atau OKI. 

Kepulauan Solomon

Photo :
  • Google Maps

Kepulauan Solomon merupakan salah satu dari beberapa negara yang membenci Indonesia. Hal ini berkaitan dengan isu Papua Barat yang kerap mereka angkat. Negara di timur Papua Nugini itu mendesak supaya PBB melakukan penyelidikan terhadap pelanggaran HAM di Papua Barat. 

4. Saint Vincent dan Grenadines

Ilustrasi pantai

Photo :
  • Pixabay

Saint Vincent dan Grenadines merupakan salah satu negara kecil yang berada di Kepulauan Karibia, Amerika Tengah. Negara ini merupakan satu-satunya negara di Benua Amerika yang tidak menyukai Indonesia. Tak jarang, Saint Vincent dan Grenadines ikut bersuara dalam sidang umum ke-71 PBB 2016 untuk memojokan Indonesia. 

5. Palau

Negara Palau

Photo :
  • Pixabay

Berikutnya adalah Palau, negara yang juga berada di kawasan Oseania. Lagi-lagi, Palau tidak menyukai Indonesia lantaran isu yang terjadi di Papua Barat. Selain itu, pada tahun 2016 negara ini juga turut menyuarakan kemerdekaan Papua Barat dengan negara lainnya yang berada di Oseania. 

6. Tuvalu

Tuvalu

Photo :
  • INABA Tomoaki/Wikimedia

Bukan hanya Palay, Tuvalu juga menjadi negara yang turut menyuarakan isu Papua Barat. Mereka mendukung kemerdekaan Papua Barat melalui forum PBB. Karena kejadian tersebut, Tuvalu tak menyukai Indonesia karena dianggap sebagai penghalang untuk kemerdekaan Papua Barat. 

7. Tonga

Raja Tonga Tupou VI

Photo :
  • Twitter Consulate of the Kingdom of Tonga

Masih ada hubungannya dengan kemerdekaan Papua Barat, Tonga juga menjadi negara yang tidak menyukai Indonesia. Mereka menilai bahwa Indonesia telah melanggar HAM di wilayah Indonesia Timur. Negara yang terdiri atas 177 pulau ini bersaksi atas kasus Papua Barat. Tonga mendukung penuh kemerdekaan Papua Barat dari Indonesia. 

8. Nauru

Salah seorang warga Nauru

Photo :
  • thexodirectory.com

Masih berkaitan dengan Papua Barat, Nauru adalah salah satu negara yang tak menyukai Indonesia. Mereka bahkan mengambil sikap keras atas kemerdekaan Papua Barat di forum PBB. Sampai saat ini, mereka bersikeras untuk menyuarakan kemerdekaan Papua Barat karena diduga telah melanggar HAM. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya