Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Vanuatu Picu Peringatan Tsunami

Ilustrasi - Seismograf mencatat getaran gempa.
Sumber :
  • ANTARA/Shutterstock/pri.

Vanuatu – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,1 melanda selatan Vanuatu, pada Kamis, 7 Desember 2023. Hal itu diungkap dari laporan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).

Update Dampak Gempa Garut: 131 Rumah Rusak di 50 Desa

Imbas guncangan gempa tersebut memicu peringatan tsunami dikeluarkan. Dari laporan USGS, gempa diketahui berasal dari lepas pantai, di kedalaman 48 kilometer, sekitar 123 kilometer selatan Kota Isangel dan 338 kilometer dari ibu kota Port Vila.

"Gelombang berbahaya dari gempa ini mungkin terjadi dalam jarak 300 kilometer dari pusat gempa di sepanjang pantai Vanuatu dan Kaledonia Baru," demikian Pusat Peringatan Tsunami Pasifik, dikutip dari Hindustan Times.

Hari Ketiga Pascagempa Garut, BNPB Catat 267 Rumah Rusak

Departemen Meteorologi dan Bahaya Bumi Vanuatu memperingatkan penduduk di provinsi paling selatan Tafea untuk mengambil tindakan pencegahan. Upaya itu dengan mengimbau agar pindah dari pantai ke tempat yang lebih tinggi.

Ilustrasi gempa bumi

Photo :
  • Pixabay
Pemkab Garut Berlakukan Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Meski demikian, sejauh ini belum ada laporan mengenai kerusakan yang terjadi. Pihak USGS juga awalnya melaporkan kekuatan gempa berkekuatan 7,3 SR dan kedalaman 35 kilometer, namun mereka segera merevisi laporannya.

Dalam perkembangannya, peringatan tsunami di Vanuatu juga sudah dicabut.

Gempa bumi biasa terjadi di Vanuatu, yang merupakan kepulauan dataran rendah berpenduduk 320.000 jiwa, yang terletak di Cincin Api seismik.

Cincin Api adalah busur aktivitas tektonik intens yang membentang melintasi Asia Tenggara dan melintasi cekungan Pasifik.

Diketahui, gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,7 juga sempat melanda Vanuatu Utara pada November 2023. Lalu, pihak berwenang memperingatkan bahwa gelombang tsunami kecil tertangkap oleh peralatan pemantau laut.

Vanuatu juga diketahuI sebagai salah satu negara yang paling rentan terhadap bencana alam seperti gempa bumi, kerusakan akibat badai, banjir dan tsunami.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya