Diguncang Skandal, PM Jepang Fumio Kishida Bakal Ganti Semua Menteri Dari Partainya

Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida
Sumber :
  • Kyodo News via AP

Tokyo – Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida sedang mempertimbangkan untuk mengganti semua menteri dari faksi partainya yang berkuasa, karena serangkaian skandal penggalangan dana politik. Hal itu dilaporkan oleh media lokal pada Minggu, 10 Desember 2023.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Para menteri yang dimaksud adalah anggota faksi Partai Demokrat Liberal (LDP), yang sebelumnya dipimpin oleh mantan Perdana Menteri, Shinzo Abe, menurut laporan Kyodo News yang berbasis di Tokyo.

Kishida juga telah memutuskan untuk memecat Sekretaris Kabinet, Hirokazu Matsuno, atas dugaan kegagalannya melaporkan jutaan yen yang diterima sebagai bagian dari penggalangan dana untuk faksi partai.

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Bendera Jepang.

Photo :
  • Istimewa

Dilansir dari Anadolu Ajansi, Senin, 11 Desember 2023, Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri, Yasutoshi Nishimura, juga menghadapi tuduhan serupa.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Selain para menteri, seluruh wakil menteri senior dan wakil menteri parlemen dari faksi Abe juga kemungkinan akan diganti.

Skandal ini naik ke permukaan, setelah adanya tuntutan pidana yang menuduh lima faksi LDP, termasuk kelompok Kishida, tidak melaporkan pendapatan mereka dari partai penggalangan dana politik.

Kishida juga diketahui telah berhenti memimpin faksi tersebut karena skandal itu, meskipun ia diperkirakan akan tetap menjabat sebagai perdana menteri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya