Usai Perang Lawan Hamas, Netanyahu Bakal Bangun Zona Penyangga dan Kuasai Jalur Gaza

PM Israel Benjamin Netanyahu
Sumber :
  • NBC News

Tel Aviv – Perdana Menteri IsraelBenjamin Netanyahu, membeberkan rencana pemerintahnya setelah perang usai akan membangun zona penyangga antara wilayah Gaza dan Jalur Gaza. Zona tersebut nantinya akan dikuasai dan dikontrol oleh Israel.

Israel Bombardir Rafah, Puluhan Warga Gaza Tewas

"Rencana Israel sehari setelah perang mencakup pembentukan zona penyangga antara wilayah Gaza dan Jalur Gaza, serta kendali Israel atas wilayah tersebut. Poros Philadelphi antara Jalur Gaza dan Mesir," kata Netanyahu, dikutip dari Middle East Monitor, Rabu, 13 Desember 2023.

Poros Salah Al-Din atau Philadelphi adalah nama daerah perbatasan sempit di Jalur Gaza. Poros tersebut memanjang 14 kilometer di sepanjang perbatasan antara Jalur Gaza dan Mesir.

AS dan Israel Kembali Berdiskusi Tentang Evakuasi di Gaza Selatan

Peta Gaza.

Photo :
  • Dok BBC International.

Netanyahu mengklaim bahwa Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA) akan membiayai rekonstruksi Jalur Gaza, namun belum ada komentar langsung dari kedua negara terkait pernyataan tersebut.

Di Forum Parlemen MIKTA, Puan Ingatkan Krisis di Gaza Berdampak pada Stabilitas Global

Netanyahu mengklaim bahwa Hamas ingin menghancurkan Israel secara bertahap.

“Perbedaan antara Hamas dan Otoritas Palestina adalah Hamas ingin segera memusnahkan kami, sementara Otoritas Palestina (PA) berencana menerapkannya secara bertahap.”

Netanyahu juga menentang kembalinya PA ke Jalur Gaza setelah perang. Namun, Otoritas Palestina tidak segera mengomentari pernyataan Netanyahu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya