Suhunya Menggetarkan! Ini 5 Negara Terdingin di Dunia

Kota Arktik Longyearbyen di Kepulauan Svalbard Norwegia
Sumber :
  • iflscience

VIVA – Negara-negara terdingin di dunia tersebar di berbagai belahan dunia dengan suhu rata-rata tahunan mereka yang sangat rendah. Karakteristik geografis seperti terpencil, kepulauan, negara Nordik, atau dekat dengan kutub dan/atau Lingkaran Arktik membuat beberapa negara ini dijuluki sebagai negara terdingin di dunia. Negara apa saja? Dilansir dari WorldAtlas, berikut ini 5 negara terdingin di dunia berdasarkan suhu rata-rata tahunan. 

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

1. Kanada - 22.37°F

Bendungan Robert-Bourassa, Kanada

Photo :
  • Twitter @dayoconnect
Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

Kanada, negara terbesar kedua di dunia, mendominasi daftar sebagai negara terdingin. Dengan kepadatan penduduk yang rendah, wilayah utara Kanada menghadapi kondisi sangat dingin sepanjang tahun. Suhu bisa turun drastis, bahkan mencapai -40°F. Januari adalah bulan terdingin, dan musim dingin di sana bersalju dan dingin.

2. Rusia - 22.82°F

Jamaika Akhirnya Akui Palestina Sebagai Negara, Peringatkan Israel Tarik Pasukan Militer

Bendera Rusia.

Photo :
  • ANTARA FOTO

Rusia, salah satu negara terbesar di dunia juga terkenal dengan suhu dinginnya. Dengan sebagian besar wilayahnya jauh dari laut, Rusia mengalami musim panas yang sejuk dan musim dingin yang sangat panjang. Siberia, bagian timur laut Rusia, pernah mencatat suhu terendah sepanjang sejarah, mencapai -89.86°F.

3. Mongolia - 30.74°F

Mongolia

Photo :
  • pixabay

Negara kecil di Asia Tengah, Mongolia, adalah negara terdingin ketiga di dunia. Dengan sejarah perang Genghis Khan, Mongolia memiliki suhu rendah yang mencapai -67.5°F. Musim dingin yang panjang, bersalju, dan berangin membuat Mongolia memiliki iklim yang keras.

4. Norwegia - 34.70°F

Kota Arktik Longyearbyen di Kepulauan Svalbard Norwegia

Photo :
  • iflscience

Norwegia, negara Nordik yang sebagian besar berada di atas Lingkaran Arktik, memiliki musim panas yang sejuk dan perbedaan suhu ekstrem antara musim panas dan musim dingin. Pegunungan Norwegia juga menghadapi iklim Tundra Polarnya yang lebih dingin.

5. Kyrgyzstan - 34.79°F

Ilustrasi musim dingin atau salju

Photo :
  • pexels/unsplash

Selanjutnya ada Kyrgyzstan, negara kecil di Asia Tengah, menyejukkan dengan suhu rata-rata sekitar 34.79°F. Meskipun memiliki lembah dengan suhu panas di musim panas, pegunungan di Kyrgyzstan tetap dingin, terutama di musim dingin.

Negara-negara ini menawarkan pemandangan alam yang luar biasa, tetapi juga menantang dengan suhu yang sangat rendah. Meskipun dingin, keindahan alam dan keunikannya membuat setiap negara memiliki daya tariknya sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya