Israel 2 Kali Gagal Tangkap Pemimpin Hamas Yahya Sinwar

VIVA Militer: Pemimpin Hamas Palestina, Yahya Sinwar
Sumber :
  • france24.com

VIVA Dunia – Pasukan Tentara Pertahanan Israel (IDF) telah dua kali mencapai terowongan Hamas di Gaza dalam beberapa hari terakhir, di mana mereka yakin pemimpin Hamas Yahya Sinwar bersembunyi tepat sebelum mereka tiba. 

Media Arab sebut Hamas Setuju Bebaskan 33 Warga Israel yang Disandera

Mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya, Channel 13 melaporkan bahwa IDF terutama memfokuskan kegiatannya di dan sekitar kota Khan Younis di Gaza selatan untuk mencapai tujuannya memburu Sinwar.

Namun, seperti sebelumnya, IDF kembali gagal menangkap Yahya Sinwar. 

Rudal Milisi Bayaran Iran Gempur Kota Terbesar Ketiga Israel

VIVA Militer: Pemimpin Hamas di Jalur Gaza, Yahya Sinwar

Photo :
  • al-monitor.com

Informasi intelijen yang dikumpulkan oleh IDF saat mendekati pemimpin Hamas itu telah mengindikasikan bahwa Sinwar terus bergerak dan tidak tinggal di satu tempat untuk waktu yang lama, melansir Times of Israel, Kamis, 21 Desember 2023. 

Aksi UI Tiru AS Gelar Kamp Palestine Solidarity untuk Penghentian Perang di Gaza Banjir Dukungan

Laporan tersebut mengatakan bahwa selama perburuan Sinwar, pasukan menemukan tempat persembunyian Muhammad Deif, komandan sayap militer Hamas.

Sinwar saat ini diyakini bersembunyi di Khan Younis, setelah melarikan diri dari utara Jalur Gaza dengan bersembunyi dalam konvoi kemanusiaan menuju selatan pada awal dimulainya perang Israel-Hamas. 

Pada 6 Desember 2023 lalu, IDF dilaporkan telah mengepung rumah Yahya Sinwar yang terletak di Khan Younis, meskipun tidak ada indikasi bahwa dia tinggal di sana, karena dia bersembunyi dan memiliki banyak rumah.

VIVA Militer: Pemimpin Hamas Palestina, Yahya Sinwar

Photo :
  • france24.com

Yahya Sinwar terpilih untuk menggantikan Ismail Haniyeh sebagai pemimpin Hamas di Gaza pada tahun 2017. Haniyeh saat ini tinggal di Qatar dan menjabat sebagai ketua biro politik Hamas.

Para pejabat Israel mengklaim bahwa Sinwar, pemimpin Hamas di Gaza dan anggota politbiro sejak 2013, adalah salah satu dalang di balik serangan 7 Oktober tersebut, bersama dengan Mohammed Deif, komandan sayap militer Hamas, Brigade Qassam, dan Marwan Issa, wakil Deif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya