VIVAReplay 2023

Kilas Balik Serangan Hamas ke Jantung Israel 2023, Gaza Makin Membara

VIVA Militer: Tentara Israel menyerang Betlehem, Palestina
Sumber :
  • aljazeera.com

Gaza – Untuk pertama kalinya dalam sejarah Israel, Hamas lakukan serangan besar-besaran, pada Sabtu malam, 7 Oktober 2023. Dalam serangan tersebut, Israel memanggil sejumlah besar pasukan cadangan dan mempersiapkan perang untuk melawan serangan milisi Palestina, yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Universitas Oxford hingga Cambridge Bergabung dalam Aksi Pro-Palestina

Pada awal perang, korban jiwa yang dikonfirmasi oleh pihak Israel setidaknya berjumlah 300 orang tewas, dan lebih dari 1.500 orang terluka. Puluhan orang juga diculik oleh kelompok Hamas.

Milisi Hamas diketahui menyerbu ke 22 lokasi di Israel Selatan, termasuk kota-kota dan komunitas di Tel Aviv sejauh 15 mil (24 kilometer) dari perbatasan Gaza.

Menteri Pertahanan Israel Desak Netanyahu Terima Tawaran Damai Hamas

VIVA Militer: Tentara Israel menyerang Betlehem, Palestina

Photo :
  • aljazeera.com

Dilansir dari Times of Israel, Minggu, 8 Oktober 2023, di beberapa tempat, pasukan Hamas berkeliaran selama berjam-jam, menembaki warga sipil dan tentara Israel, ketika militer Israel berusaha memberikan tanggapan.  

2 Militer Israel Tewas usai Kena Serangan Rudal Hizbullah

Israel pun tidak tinggal diam. Tentara Israel melakukan serangan balik ke Gaza, Palestina. Ribuan korban berjatuhan dari warga Palestina.

Dalam kasus ini, VIVA pun merangkum perjalanan Perang Israel-Hamas, dalam VIVAReplay 2023.

PM Israel Nyatakan Perang 

Dalam menanggapi serangan Hamas, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa pihaknya siap berperang melawan Hamas.

Dia kemudian mendesak warga sipil di Gaza untuk meninggalkan daerah tersebut sebab militer Israel akan mengubah seluruh persembunyian Hamas menjadi puing-puing.

VIVA Militer: Tentara Israel menyerang kota Betlehem, Palestina

Photo :
  • wafa.ps

Serangan itu ditandai dengan pesawat tempur Israel yang mengebom sejumlah lokasi di Jalur Gaza yang terkepung, menurut saksi mata dan terus melanjutkan serangan semalaman.

Sejumlah saksi mengatakan bahwa pesawat tempur mengebom lokasi militer milik kelompok Palestina di Gaza barat, serta rumah-rumah dan bangunan publik di kota Beit Hanoun dan lokasi lain di Gaza selatan dan tengah.

Lokasi tersebut termasuk kantor pejabat Hamas di Gaza, Yahya al-Sinwar, di kawasan En-Nasr, Stadion Palestina dan bangunan Bank Nasional Islam, juga Production Bank.

Serangan ini juga menarik perhatian dunia termasuk Indonesia, atas konflik yang meletus di Timur Tengah itu

Respons Indonesia 

Menlu RI, Retno Marsudi

Photo :
  • ANTARA/Yashinta Difa

Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemlu RI) menyuarakan keprihatinannya atas peningkatan eskalasi konflik antara Palestina dan Israel.

"Indonesia sangat prihatin dengan meningkatnya eskalasi konflik antara Palestina-Israel," demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Indonesia di akun resmi platform X miliknya pada Minggu, 8 Oktober 2023.

Kemlu juga meminta agar tindakan kekerasan segera dihentikan guna menghindari jumlah korban manusia semakin bertambah, dan mendesak agak akar konflik tersebut, yaitu pendudukan wilayah Palestina oleh Israel harus diselesaikan, sesuai parameter yang sudah disepakati PBB.

AS Dukung Israel Perang Lawan Hamas 

VIVA Militer: Brigade Izz ad-Din al-Qassam Hamas Palestina

Photo :
  • honestreporting.com

Dalam mendukung perang Israel melawan Hamas, Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat, Kamis 2 November 2023, menyetujui paket bantuan militer mandiri senilai US$ 14,3 miliar (sekitar Rp225,4 triliun) di tengah invasi Tel Aviv yang sedang berlangsung di Jalur Gaza.

DPR memilih suara yang sebagian besar sejalan dengan partai dengan suara 226-196 untuk mengeluarkan Undang-Undang Alokasi Tambahan Keamanan Israel tahun 2024 dari majelis.

Selain itu, AS telah memberi Israel bantuan militer sekitar US$ 3,8 miliar (sekitar Rp59,9 triliun) setiap tahunnya – jumlah terbesar dibandingkan negara mana pun di seluruh dunia.

Munculnya Gelombang Boikot Produk AS 

Warga Desa Bantasari Bogor Lakukan Aksi Boikot Produk Israel

Photo :
  • Muhammad AR (Bogor)

Setelah secara terang-terangan mendukung Israel, beberapa produk asal Washington juga menyatakan hal yang sama pada publik, bahwa mereka mendukung perang melawan Hamas.

Bahkan, dampak boikot dari beberapa perusahaan yang mendukung perang Israel, mulai terasa di ibu kota Kairo dan negara-negara Arab lainnya. Cabang-cabang restoran cepat saji McDonald’s di ibu kota Mesir juga tampak sepi.

Merek-merek Barat merasakan dampak kampanye boikot di Mesir dan Yordania, dan ada tanda-tanda kampanye ini menyebar di beberapa negara Arab lainnya, termasuk Kuwait dan Maroko.

Beberapa perusahaan yang menjadi sasaran kampanye adalah yang dianggap mengambil sikap pro-Israel, dan beberapa lainnya diduga memiliki hubungan keuangan dengan Israel atau melakukan investasi di sana.

Ketika kampanye ini mulai menyebar, seruan boikot yang beredar di media sosial telah meluas hingga mencakup belasan perusahaan dan produk, sehingga mendorong pembeli untuk beralih ke produk alternatif lokal.

Gencatan Senjata 

Israel membebaskan 39 tahanan sandera Palestina selama gencatan senjata

Photo :
  • AP Photo/Ohad Zwigenberg

Setelah negosiasi yang cukup panjang, Kabinet Israel pada 22 November 2023, telah menyetujui gencatan senjata sementara dengan Hamas. Israel pada saat itu meminta kebebasan bagi puluhan sandera yang ditawan di Jalur Gaza. 

Kesepakatan itu juga menyerukan gencatan senjata selama empat hari, di mana Israel akan menghentikan serangan militernya di Gaza, sementara Hamas membebaskan “setidaknya” 50 dari sekitar 240 sandera.

Sandera pertama yang dibebaskan adalah perempuan dan anak-anak. “Pemerintah Israel berkomitmen untuk memulangkan semua sandera. Malam ini, pemerintah menyetujui garis besar tahap pertama untuk mencapai tujuan ini,” kata kantor tersebut dalam sebuah pernyataan.

Laporan media menjelang pemungutan suara menyebut, Israel akan membebaskan sekitar 150 tahanan Palestina dan mengizinkan bantuan kemanusiaan tambahan ke Gaza sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, namun pernyataan Israel tidak menyebutkan salah satu dari elemen tersebut. 

Berakhirnya Gencatan Senjata 

VIVA Militer: Persekusi tentara Israel terhadap warga sipil Palestina

Photo :
  • alarabiya.net

Kesepakatan gencatan senjata sementara yang berlangsung tujuh hari pun resmi berakhir tanpa ada kabar dari mediator Qatar mengenai perpanjangannya.

Israel pun melanjutkan pertempuran di Gaza pada Jumat pagi, 1 Desember 2023, beberapa menit setelah gencatan senjata berakhir.

Sebanyak 83 warga Israel, termasuk warga berkewarganegaraan ganda, dibebaskan selama gencatan senjata, sebagian besar dari mereka tampak sehat secara fisik namun terguncang secara mental.

Jumlah Korban Tewas 

VIVA Militer: Anak korban sipil Palestina yang tewas dibunuh tentara Israel.

Photo :
  • nbcnews.com

Hingga artikel ini diterbitkan, jumlah warga Palestina yang tewas akibat serangan Israel di Jalur Gaza sejak 7 Oktober telah mencapai 20.000 orang lebih, menurut sebuah pernyataan yang dirilis oleh kantor media pemerintah yang dikelola Hamas.

Pernyataan itu menyebutkan bahwa para korban meliputi lebih dari 8.000 anak-anak dan 6.200 perempuan, sementara lebih dari 52.000 orang terluka dan 6.700 lainnya hilang.

Sebanyak 310 petugas medis, 35 personel pertahanan sipil dan 97 jurnalis tewas dalam serangan Israel, kata kantor tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya