Makin Banyak, 9 Negara Ini Tercatat Paling Benci Indonesia, Kenapa?

Hutan Mangrove Jakarta, Pantai Indah Kapuk
Sumber :
  • jakartamangrove.id

Jakarta – Menjadi salah satu negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia tentu saja memiliki kekayaan alam, budaya, dan warisan sejarah yang bikin negara lain terpukau. Citra Indonesia sendiri mencakup keanekaragaman yang sangat menakjubkan, mulai dari alam yang sangat memukau seperti gunung berapi, pantai, hutan tropis yang lebat, hingga terumbu karang. 

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Selain itu, Indonesia juga cukup kaya akan budaya yang unik, mulai dari seni pertunjukan tradisional sampai kerajinan tangan yang megah. Dalam citranya, Indonesia dikenal sebagai negara yang ramah dan hangat serta penduduknya yang penuh keramahan. Namun siapa sangka, tak semua negara di dunia menyukai Indonesia. 

Ada beberapa negara yang kerap melakukan provokasi dalam forum internasional. Sebagian besar dari daftar negara tersebut bahkan tidak menjalin hubungan diplomatik dengan Indonesia. Akibatnya, hubungan persahabatan antara Indonesia dan negara tersebut kerap memanas apalagi dalam forum internasional. Nah, berikut ulasan selengkapnya yang dilansir dari VIVA

Pejabat Israel dan Mesir Bertemu Diam-diam, Bahas Operasi Militer di Rafah

1. Vanuatu

Vanuatu di Kepulauan Pasifik Selatan.

Photo :
  • travelanthropist.com
AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Negara nomor satu yang dikabarkan sangat membenci Indonesia adalah Vanuatu. Negara yang berada di Kepulauan Pasifik yang berdekatan dengan Australia tersebut menjadi negara pelopor yang mendukung kemerdekaan Papua Barat atas Indonesia. 

Diplomat Silvani Pasaribu menuduh bahwa Vanuatu memiliki obsesi berlebihan dan tidak sehat dengan Indonesia. Negara ini juga kerap mencampuri urusan Indonesia dengan Papua Barat. Hampir setiap tahun, Vanuatu menyinggung pelanggaran HAM yang dialami Papua Barat.

Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu

Photo :
  • Abir Sultan/Pool Photo via AP

Hubungan Israel dengan Indonesia tampaknya sedang tidak baik-baik saja. Apalagi, Indonesia sendiri kerap menyuarakan perlawanan terhadap Israel sejak konflik dengan Palestina. Indonesia bahkan melayangkan kutukan atas berbagai tindakan Israel atas konflik tersebut. 

Israel bahkan telah dilabeli sebagai penjajah Palestina hingga warganet Indonesia pun menyerang para tentara Zionis tersebut. Negara Adidaya Amerika Serikat juga sempat menawarkan bantuan supaya Indonesia mau berdamai dengan Israel, tapi hal tersebut ditolak.

3. Saint Vincent and Grenadines

Ilustrasi liburan/pantai.

Photo :
  • Pexels/Pixabay

Saint Vincent and Grenadines merupakan salah satu negara kecil yang berada di Kepulauan Karibia, Amerika Tengah. Negara ini adalah satu-satunya negara di Benua Amerika yang tidak suka dengan Indonesia karena sempat memojokan Indonesia dalam forum internasional. 

Dalam sidang umum ke-71 PBB pada 2016 silam, Saint Vincent and Grenadines mendukung untuk kemerdekaan Papua Barat. Sehingga sampai saat ini negara tersebut menaruh kekesalan terhadap Indonesia meski kejadiannya sudah lama. 

4. Tuvalu

Tuvalu

Photo :
  • INABA Tomoaki/Wikimedia

Masih soal Papua Barat, Tuvalu sempat ikut bergabung dengan negara lain untuk memojokan Indonesia dalam forum PBB. Negara bekas jajahan Inggris tersebut mendukung Papua Barat untuk menjadi sebuah negara yang merdeka seperti mereka di sana. 

5. Nauru

Salah seorang warga Nauru

Photo :
  • thexodirectory.com

Masih berhubungan dengan isu Papua Barat, Nauru merupakan salah satu negara yang tidak menyukai Indonesia. Mereka bahkan sering mengambil sikap tegas atas kemerdekaan Papua Barat dalam forum PBB. Hingga kini, mereka masih bersikeras untuk menyuarakan kemerdekaan Papua lantaran sudah melanggar HAM. 

Negara Palau

Photo :
  • Pixabay

Negara kepulauan satu ini juga sempat memperlihatkan ketidaksukaannya terhadap Indonesia yang menguasai Papua Barat. Mereka bahkan sudah menyuarakan dukungannya atas kemerdekaan Papua Barat dalam forum Oseania dan PBB. 

7. Tonga

Gunung Berapi di Bawah Laut di Tonga Meletus dan Menimbulkan Tsunami

Photo :
  • Antara

Sama seperti negara lain, hubungan Indonesia dengan Tonga juga kurang baik lantaran isu kemerdekaan Papua Barat. Mereka menganggap bahwa Indonesia telah melanggar HAM di wilayah Indonesia Timur. Negara yang memiliki 177 pulau itu bersaksi atas kasus Papua Barat. Tonga mendukung penuh kemerdekaan Papua Barat dari Indonesia. 

8. Kepulauan Solomon

Kepulauan Solomon

Photo :
  • Google Maps

Kepulauan Solomon adalah salah satu dari beberapa negara yang membenci Indonesia. Hal ini berkaitan dengan isu Papua Barat yang sering mereka suarakan. Negara yang berada di timur Papua Nugini itu mendesak PBB agar melakukan penyelidikan terhadap pelanggaran HAM di Papua Barat. 

9. Kepulauan Marshall

Bikini Atoll, Kepulauan Marshall

Photo :
  • superlive.id

Republik Kepulauan Marshall adalah salah satu negara yang berada di Samudra Pasifik bagian barat. Dalam sidang umum ke-71 PBB, Kepulauan Marshall sempat meminta penyelidikan pelanggaran HAM yang dilakukan Indonesia terhadap Papua Barat. Namun, tuduhan ini telah dibantah dan diluruskan oleh diplomat Indonesia, Silvani Pasaribu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya