Gempa Magnitudo 7,8 Guncang Jepang, Peringatan Tsunami Dikeluarkan

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.
Sumber :
  • ANTARA

Tokyo – Jepang secara resmi mengeluarkan peringatan tsunami besar, setelah gempa berkekuatan 7,6 skala Richter melanda wilayah tengah.

Gempa Garut Terasa hingga Bandung, BMKG: Jenis Menengah dan Tak Berpotensi Tsunami

"Warga di daerah pesisir Noto di prefektur Ishikawa diminta untuk segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi,” kata lembaga penyiaran nasional NHK.

Dilansir dari BBC Internasional, Senin, 1 Januari 2024, pihak berwenang telah memperingatkan adanya gelombang setinggi 5 meter di Noto.

Imbas Gempa Garut, Rumah Warga hingga Rumah Sakit Rusak

Ilustrasi tsunami digital.

Photo :
  • Skip Prichard

Mereka juga mengeluarkan peringatan tsunami untuk prefektur tetangga Niigata dan Toyama, dimana mereka mengatakan gelombang bisa mencapai 3 meter.

Kesaksian Warga, Gempa Garut Dirasakan Besar dan Terdengar Rumah Gemeretak dan Kaca Bergetar

Televisi publik menayangkan tulisan "EVACUATE" dalam huruf besar, dan mendesak warga untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi meskipun cuaca musim dingin.

Masyarakat setempat juga mengunggah video gempa dari rumah mereka dan dari dalam stasiun kereta bawah tanah.

Ilustrasi - Seismograf mencatat getaran gempa.

Photo :
  • ANTARA/Shutterstock/pri.

Di lain sisi, operator pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di negara itu, Kansai Electric, mengatakan tidak ada kelainan pada pembangkit listrik tenaga nuklir di wilayah yang terkena dampak.

Badan meteorologi Korea Selatan telah memperingatkan bahwa gelombang tsunami setinggi 0,3 m dapat menghantam pantai timur negara itu antara pukul 18:29 hingga 19:17 waktu setempat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya