Dampak Gempa Jepang, Ratusan Rumah di Wajima Terbakar

Gempa Bumi di Jepang menyebabkan kebakaran.
Sumber :
  • Kyodo News via AP

Tokyo – Ratusan bangunan terbakar di sekitar Jalan Asaichi di Pusat Kota Wajima, Prefektur Ishikawa, pada Senin malam, 1 Januari 2024, setelah gempa hebat 7,5 skala Richter melanda Jepang. Petugas pemadam kebakaran masih berusaha memadamkan api. 

Pemicu Guncangan Gempa Garut Terasa ke Wilayah Pesisir Jabar Termasuk Sukabumi

"Pemadam kebakaran setempat mengatakan lebih dari 100 bangunan terbakar di sekitar Jalan Asaichi yang terkenal di pusat kota. Banyak di antaranya adalah toko kayu, yang diyakini telah terbakar," menurut laporan media Jepang NHK.

Kota Wajima adalah salah satu tempat yang paling parah terkena dampak gempa, dengan intensitas gempa di kisaran 6 teratas.

Jumlah Rumah Rusak Imbas Gempa Garut Terus Bertambah, 4 Warga Terluka

Gempa Bumi di Jepang

Photo :
  • Kyodo News via AP

Sementara itu, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, pada Selasa, 2 Januari 2023, mengatakan gempa besar tersebut telah menimbulkan kerusakan luas dan memakan banyak korban jiwa.

Deretan Langkah Efektif Meyelamatkan Diri Saat Gempa Bumi Terjadi

“Kerusakan yang sangat parah telah dipastikan, termasuk banyak korban jiwa, bangunan runtuh dan kebakaran,” katanya kepada wartawan.

“Kami telah melakukan segala upaya untuk mengumpulkan informasi sejak kemarin malam, namun penyumbatan jalan membuat sangat sulit untuk mengakses bagian utara semenanjung Noto. Pemeriksaan dari atas melalui helikopter menunjukkan kerusakan luas termasuk jalan terputus, tanah longsor.  dan kebakaran,” sambungnya.

“Kami mendapat informasi bahwa 1.000 personel Pasukan Bela Diri (SDF) telah tiba di wilayah tersebut. Kami juga telah menerima laporan dari kepolisian daerah lainnya bahwa 634 personel bantuan bencana, dan 2.039 personel pemadam kebakaran telah tiba di daerah tersebut," ucap perdana menteri.

Gempa bumi mengguncang Suzu, prefektur Ishikawa, Jepang, Selasa, 2 Januari 2024

Photo :
  • Kyodo News via AP

Badan Meteorologi Jepang saat ini telah mencabut semua peringatan tsunami di sepanjang Laut Jepang. Hal ini terjadi setelah gempa kuat, pada Senin sore.

Para pejabat memperingatkan bahwa gempa susulan yang kuat mungkin terjadi pada minggu depan, terutama selama dua hingga tiga hari ke depan.

Gempa berkekuatan 7,5 skala Richter yang terjadi pada Hari Tahun Baru di Prefektur Ishikawa, Jepang tengah, membuat banyak orang lengah. Gempa tersebut juga memicu peringatan tsunami besar di prefektur tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya