Petinggi Hamas Tewas dalam Ledakan di Lebanon, Ini Dalangnya

Ilustrasi ledakan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO

Beirut – Sebuah ledakan di Beirut, Libanon pada hari Selasa, 2 Januari 2023 menewaskan Saleh al-Arouri, seorang pejabat tinggi kelompok militan Palestina Hamas, dan beberapa orang lainnya, demikian dikatakan oleh para pejabat Hamas dan Hizbullah Lebanon.

Kisah Nyata di Balik Rumah Bagus Pasukan Tengkorak dan Hadiah 5 Miliar dari Jenderal TNI Maruli

Dilansir dari CBS, Rabu, 3 Januari 2023m Kantor Berita Nasional Lebanon yang dikelola pemerintah mengatakan bahwa ledakan tersebut dilakukan oleh pesawat tak berawak Israel. Para pejabat Israel menolak berkomentar

Ledakan di Beirut Libanon

Photo :
  • Istimewa
Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Ledakan hari Selasa mengguncang sebuah bangunan tempat tinggal di pinggiran kota Beirut, Musharafieh. Laporan-laporan berbeda mengenai jumlah korban tewas, namun Hamas mengatakan enam anggota kelompok itu juga tewas, termasuk dua komandan militer.

Jika Israel berada di balik serangan tersebut, hal ini dapat menandai eskalasi besar dalam konflik Timur Tengah. Pemimpin Hizbullah Sayyed Hassan Nasrallah, yang sebelumnya bersumpah untuk membalas setiap penargetan Israel terhadap para pejabat Palestina di Lebanon, mengatakan di televisi lokal, "Kami menegaskan bahwa kejahatan ini tidak akan pernah berlalu tanpa tanggapan dan hukuman."

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati mengatakan banyak orang terluka dalam ledakan tersebut, yang ia sebut sebagai "kejahatan" dan mengatakan bahwa hal itu dimaksudkan untuk "menyeret Lebanon ke dalam fase baru konfrontasi dengan Israel."

Seorang pejabat Hamas, Bassem Naim, mengkonfirmasi kepada The Associated Press bahwa al-Arouri terbunuh dalam ledakan tersebut. Seorang pejabat Hizbullah yang berbicara tanpa menyebut nama sesuai dengan peraturan yang berlaku juga mengatakan bahwa al-Arouri tewas.

Al-Arouri, salah satu pendiri sayap militer Hamas, telah memimpin kehadiran kelompok tersebut di Tepi Barat. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah mengancam akan membunuhnya bahkan sebelum perang Hamas-Israel dimulai pada 7 Oktober.

Pemerintah Amerika Serikat sebelumnya telah menawarkan hadiah hingga $5 juta untuk informasi mengenai al-Arouri, dengan mengatakan bahwa ia telah "terkait dengan beberapa serangan teroris, pembajakan, dan penculikan."

Ledakan tersebut mengguncang Musharafieh, salah satu daerah pinggiran selatan ibukota Lebanon yang merupakan kubu kelompok militan Hizbullah, sekutu Hamas yang didukung Iran dan salah satu pasukan militer non-negara yang paling banyak dipersenjatai di dunia.

Ledakan tersebut terjadi selama lebih dari dua bulan pertukaran tembakan antara pasukan Israel dan anggota Hizbullah di sepanjang perbatasan selatan Lebanon. Para pejuang Hizbullah dan tentara Israel telah terbunuh dalam pertempuran di sana, dan Israel telah mengevakuasi ribuan warga sipil dari komunitas-komunitas perbatasan.

Ledakan di Beirut Libanon

Photo :
  • Istimewa

Pertempuran terutama terkonsentrasi beberapa mil dari perbatasan, tetapi pada beberapa kesempatan angkatan udara Israel menghantam target Hizbullah yang lebih dalam di Lebanon.

Sebelumnya pada hari Selasa, Hizbullah mengatakan para pejuangnya melakukan beberapa serangan di sepanjang perbatasan Lebanon-Israel yang menargetkan pos-pos militer Israel.

Anggota kabinet perang Israel dan mantan menteri pertahanan Benny Gantz mengatakan akhir bulan lalu bahwa, jika serangan Hizbullah tidak berhenti di sepanjang perbatasan, militer Israel akan bekerja untuk mendorong kelompok bersenjata itu kembali ke dalam Lebanon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya