Prabowo Gibran Akan Dirikan Kedubes Indonesia di Palestina

Prabowo Subianto
Sumber :
  • Dok.istimewa

Jakarta – Tingginya dukungan publik terhadap Palestina yang sedang menghadapi serangan Israel di Gaza diprediksi akan menjadi salah satu tema bahasan dalam debat ketiga calon presiden pada 7 Januari nanti.

Relawan Prabowo G-Nesia Banjir Dukungan Usai Pilpres, Diah Warih: Alhamdulillah

Menanggapi hal tersebut, juru bicara TKN Prabowo Gibran, Dahnil Anzar Simanjuntak, menegaskan komitmen Paslon nomor urut 2 tersebut untuk mendukung perjuangan kemerdekaan negara Palestina. Bahkan, Prabowo Gibran memiliki program untuk mendirikan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Palestina dan mengangkat utusan khusus.

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Debat Kedua Cawapres Pemilu 2024.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Kata Anies soal Heboh Tawaran Jadi Menteri Prabowo: Masih Lama Proses Kabinet

“Kami kira semua calon dan juga rakyat Indonesia satu suara untuk mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina. Namun Prabowo Gibran punya target program khusus, yaitu memperjuangkan adanya Kedutaan Besar kita di Palestina, dan mengangkat utusan khusus untuk mendorong proses kemerdekaan Palestina. Itu ada di visi misi kita.” jelas Dahnil kepada wartawan di Jakarta, (D/M). 

KBRI Palestina dan Utusan Khusus ini, lanjut Dahnil, akan menjadi simbol konsistensi diplomasi Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan Palestina. 

Hamas Sambut Baik Keputusan Kolombia Putus Hubungan Diplomatik dengan Israel

“‘Kemerdekaan Palestina adalah amanat sejarah dan kemanusiaan bangsa Indonesia. Palestina jadi satu-satunya negara yang hadir di Konferensi Asia Afrika di Bandung tahun 1955, tapi sampai saat ini belum merdeka. Jadi Prabowo Gibran akan konsisten, tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Dan memperkuat dukungan diplomasi untuk Palestina merdeka.” urainya.

Saat ini, KBRI yang paling dekat dengan Palestina adalah Kedutaan Besar RI di Amman, yang berfungsi tak hanya sebagai misi diplomatik Republik Indonesia untuk Kerajaan Hasyimiyah Yordania, juga merangkap sebagai perwakilan Indonesia untuk Negara Palestina.  Menurut politisi Partai Gerindra ini, jika mimpi Prabowo-Gibran untuk membuka KBRI di Palestina terwujud, maka peran Indonesia dalam membela Palestina tentu menjadi jauh lebih signifikan.

Sejumlah massa dari Aqsa Working Group (AWG) melakukan aksi unjuk rasa memberikan dukungan Palestina di depan Gedung Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta.

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito,

“Kami tentu mengetahui hal ini sulit, mengingat hari ini Palestina masih terus di invasi oleh Israel. Namun kami mohon doa restu dari masyarakat Indonesia semua. Semoga tujuan besar Prabowo Gibran membangun KBRI untuk mendukung kemerdekaan Palestina ini bisa tercapai.” tutup Dahnil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya