7 Negara Ini Takut dengan Kekuatan Militer Indonesia, Termasuk Belanda dan Israel

VIVA Militer: Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI)
Sumber :
  • Youtube

Jakarta – Indonesia adalah salah satu negara yang patut diperhitungkan dalam dunia internasional. Bukan hanya menjadi negara yang besar dengan populasi penduduk yang banyak, tapi Indonesia juga menjadi salah satu negara yang patut disegani oleh negara lain. 

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Dengan total penduduk mencapai ratusan juta orang dan angkatan militer hampir menyentuh satu juta prajurit, sejumlah negara di dunia dicap takut dengan Indonesia. Negara kepulauan satu ini juga memiliki perekonomian yang cukup stabil di tengah jurang resesi dunia. 

Sementara dalam bidang militer, kekuatan Indonesia tidak bisa diremehkan negara lain. Dalam peringkat militer dunia yang dirilis Global Firepower, Indonesia menempati urutan ke-13 dari 145 negara di dunia. Menariknya, di Asia Tenggara Indonesia menempati posisi pertama. 

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Bukan hanya dari sisi alutsista, Indonesia juga memiliki pasukan elite khusus. Pasukan ini terdiri atas Kopassus di TNI Angkatan Darat, Kopaska di TNI Angkatan Laut, dan Kopasgat di TNI Angkatan Udara. Nah, berikut daftar negara yang takut dengan Indonesia. 

1. Malaysia

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Polisi dan Tentara Malaysia berjaga di perbatasan negara

Photo :
  • FB Tok Man Shah Alam

Hubungan diplomatik Indonesia dan Malaysia memang kerap naik turun karena sempat saling klaim atas beberapa hal. Meski demikian, kedua negara ini memiliki hubungan persahabatan yang sangat dekat. Namun, dari sisi militer yang dimiliki Indonesia, kekuatan Militer Malaysia berada jauh di bawah. 

Junta Militer menggelar parade Hari Kemerdekaan Myanmar pada 4 Januari 2023.

Photo :
  • CNA/AFP.

Seperti diketahui, Myanmar adalah salah satu negara di ASEAN yang sempat membenci Indonesia. Kebencian Myanmar terhadap Indonesia ini karena RI kerap mengangkat isu Rohingya dalam meja rapat PBB. Meski demikian, negara junta militer ini diketahui takut dengan kekuatan militer Indonesia. 

Perdana Menteri Vanuatu, Bob Loughman

Photo :
  • UN

Vanuatu sempat memberikan serangan terhadap Indonesia dalam sidang PBB soal tuduhan pelanggaran HAM yang terjadi di Papua. Tindakan yang dilakukan oleh negara Oceania itu sampai mendapatkan reaksi tajam dari warganet di Indonesia. 

Mereka pun tidak tinggal diam dengan tuduhan Vanuatu dan langsung melancarkan serangan di media sosial kepada pihak Vanuatu. Bahkan, ada pula akun promosi pariwisata negara ini harus tutup karena banyak menuai kritikan dari warganet Indonesia. 

Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu

Photo :
  • Menahem Kahana/Pool Photo via AP

Israel adalah negara yang menjadi musuh abadi Palestina, negara yang selalu mendapatkan dukungan dari Indonesia. Israel kerap dibandingkan dengan kekuatan militer Indonesia. Namun, kekuatan militer Indonesia berada jauh di atas Israel yang saat ini berada di posisi ke-18 dalam peringkat militer terkuat di dunia. 

Amsterdam, Belanda

Photo :
  • unsplash,com

Belanda juga menjadi salah satu negara yang takut dengan kekuatan militer Indonesia. Hal ini karena Belanda sudah sempat merasakan perlawanan saat melakukan penjajahan di Indonesia. Selain, urutan militer Belanda dan Indonesia terpaut sangat jauh karena mereka hanya menduduki urutan ke-39 dunia. 

6. Timor Leste

Presiden terpilih Timor Leste, Jose Ramos Horta.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Negara yang sudah terlepas dari Indonesia ini awalnya memiliki nama Timor Timur. Setelah memisahkan diri pada tahun 1999, hubungan antar kedua negara ini sempat renggang dan kini telah kembali membaik. Kekuatan militer Indonesia tentu saja ditakuti Timor Leste karena mereka adalah negara yang kecil. 

7. Australia

Ilustrasi tentara australia.

Photo :
  • Dan Peled/AAP Image via AP.

Negara kangguru satu ini sepertinya juga segan dengan Indonesia. Bukan tanpa alasan, jumlah penduduk dan kekuatan militer Indonesia berada jauh di atas mereka. Meski demikian, hubungan persahabatan antara Indonesia dan Australia juga terjalin dengan baik. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya