Norwegia Sambut Meriah KRI Dewa Ruci

Dubes Esti Andayani mengalungkan bunga kepada komandan KRI Dewa Ruci
Sumber :
  • VIVAnews/Dokumentasi KBRI Oslo

VIVAnews - Kapal layar kebanggaan Indonesia, KRI Dewa Ruci, tiba di Pelabuhan Kristiansand, Norwegia, Rabu 28 Juli 2010 waktu setempat. Muhibah Dewa Ruci ini dalam rangka mengikuti program "Tall Ship Races 2010."

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Oslo mengungkapkan bahwa Dewa Ruci memperoleh sambutan hangat dari masyarakat Kristiansand dan sekitarnya. Sekitar 30 kapal-kapal kecil yang sedang berlayar di perairan sekitar pelabuhan turut mengiringi Dewa Ruci saat merapat di galangan sandar kota Kristiansand.

Sambutan khusus diberikan oleh Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Norwegia, Esti Andayani, dan seluruh jajaran KBRI Oslo serta Atase Pertahanan RI, Fachri Adamy. Andayani mengalungkan rangkaian bunga anggrek kepada komandan KRI Dewa Ruci, Letkol Suharto, sebagai ucapan selamat datang di Norwegia.

Selama mengikuti Tall Ships Races 2010 di kota Kristiansand yang diikuti oleh 81 kapal layar dari 18 negara ini, KRI Dewa Ruci dijadwalkan untuk menampilkan pertunjukan seni Indonesia di panggung utama pada 29 Juli 2010.

Penampilan Tim Kesenian KRI Dewa Ruci yang akan dibuka oleh tarian gemulai Bajidor Kahot oleh kelompok Anak Indonesia dari KBRI Oslo yang direncanakan mengawali prosesi pembukaan Tall Ships Races 2010. 

Event ini akan dibuka secara resmi oleh Putri Mahkota Norwegia, Mette-Marit. Pada tanggal 30 hingga 31 Juli 2010, para awak KRI Dewa Ruci juga akan melakukan serangkaian kegiatan, diantaranya pertandingan olahraga melawan awak kapal peserta Tall Ships Races 2010, parade kota, pertunjukan seni di berbagai panggung dan resepsi diplomatik dengan menggelar kesenian tradisional dan menyuguhkan aneka makanan khas Indonesia.

Selama berlangsungnya Tall Ships Races pada tanggal 29 Juli hingga 1 Agustus 2010, KBRI Oslo dengan dikomandoi oleh Minister Counsellor Ekonomi, Wening Esthyprobo, juga akan melakukan promosi pariwisata dan investasi Indonesia.

Kristiansand, kota kelima terbesar di Norwegia dengan penduduk sekitar 81.295 jiwa tersebut, merupakan kota ketiga yang dikunjungi KRI Dewa Ruci dalam seluruh rangkaian Tall Ships Races, yang telah dimulai di Kota Antwerp, Belgia, pada 10 Juli 2010.

Sebelum tiba di Kristiansand, KRI Dewa Ruci telah bersandar di kota Aalborg, Denmark pada tanggal 21-24 Juli 2010 dan akan menuju kota Hartlepool, Inggris, kota terakhir dalam rangkaian Tall Ships Races.

KRI Dewa Ruci juga sempat mempromosikan budaya Indonesia sambil menikmati keindahan fjord di kota Arendal, sekitar 60 km dari kota Kristiansand. Kapal ini pertama kali berlayar ke Eropa saat melakukan muhibah ke Jerman pada 1953.

 KPU Minta MK Tolak Tudingan Suara Nasdem Berkurang dan Golkar Bertambah di Jabar 1
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, The Interview

Menkes Ungkap Alasan Tingkat Stunting Indonesia Baru Turun 0,1 Persen

Menteri Kesehatan mengungkapkan alasan di balik angka prevalensi stunting di Indonesia baru turun 0,1 persen, dari 21,6 persen pada 2022 menjadi 21,5 persen pada 2023.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024